APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI

Print Friendly and PDF

APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI

Oleh : Wening Hidayati

Guru SMA Muhammadiyah 2 Manyaran, Wonogiri Jawa Tengah

Wening Hidayati


       Pandemi Covid-19 yang kian merebak memberikan tantangan di segala aspek kehidupan. Dunia Pendidikan mempunyai tantangan yang sangat besar di era ini. Para peserta didik yang dituntut untuk belajar dari rumah tentunya akan sangat kesulitan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari penurunan hasil belajar siswa. Modul dan video pembelajaran yang dikirim melalui WA group segera dihapus oleh peserta didik, karena alasan memori HP penuh. Hal ini menyebabkan mereka tidak memiliki referensi saat akan belajar Kembali. Meskipun guru selalu mengingatkan untuk mencatat ulang materi pada buku, hal ini tidak selalu dilakukan oleh siswa. Pemantauan untuk hasil catatan pun terkendala, karena peserta didik diharuskan untuk lockdown. 

       Sebagai guru, inovasi dalam pembelajaran daring sangat diperlukan, mengingat kemauan anak untuk belajar semakin berkurang di era pandemi ini. Penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran semakin merebak, salah satunya aplikasi Google Classroom. Google Classroom (Ruang Kelas Google) merupakan sebuah aplikasi pembelajaran campuran yang dilakukan secara online dan dapat digunakan secara gratis. Google Classroom juga merupakan produk ciptaan google yang terintegrasi dengan  drive, gmail, hangout, calendar, dan youtube dan calendar. Fasilitas yang ditawarkan oleh Google Classroom cukup banyak, sehingga memudahkan para pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. 

       Aplikasi Google Clasrom ini dapat di instal di HP, laptop maupun PC. Sehingga memungkinkan Guru maupun peserta didik melakukan pembelajaran dimanapun. Pembelajaran disini maksudnya bukan hanya dilakukan di dalam kelas saja, tapi guru juga bisa melakukannya di luar kelas 

       Guru dapat membuat kelas mereka masing – masing lalu membagikan kode kelas yang mereka miliki atau mereka bisa mengundang siswa mereka masing – masing. Aplikasi Google Classroom memberikan kemudahan para siswa untuk menemukan dan mengatasi kesulitan saat proses pembelajaran, membagikan pelajaran dan mengerjakan tugas tanpa harus datang ke kelas.Google Classroom bisa digunakan untuk menyediakan bahan ajar dan tes atau tugas yang terhubung dengan penilaian. 

       Tujuan utama dari aplikasi pembelajaran Google Classroom adalah untuk memudahkan proses berbagi file antara Guru dan Siswa. Google Classroom menggabungkan beberapa produk google lainnya yaitu Google Drive berfungsi sebagai pembuatan serta distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides berfungsi sebagai penulisan, Gmail berfungsi sebagai komunikasi, dan Google Calendar berfungsi sebagai penjadwalan. Para peserta didik  dapat diundang oleh pendidik untuk bergabung dengan kelas melalui kode yang dibagikan, atau secara otomatis dimasukkan dari domain sekolah.

       Setiap kelas dapat membuat folder terpisah di Drive masing-masing para penggunanya, yang mana siswa bisa mengirimkan tugasnya untuk nantinya dinilai oleh guru, siswa dapat mengambil foto serta melampirkan tugasnya, dapat berbagi file dari aplikasi lainnya serta dapat mengakses informasi secara offline. Guru juga bisa memantau perkembangan setiap siswanya, dan guru juga bisa saling bekerja sama dengan siswa melalui fitur komentar yang tersedia. Beberapa keunggulan penggunaan Google classroom antara lain :

1. Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman. Proses set up yang dilakukan di Google Classroom sangatlah cepat dan nyaman. Guru dapat memasukkan daftar siswa secara mandiri atau guru bisa membagikan kode unik kepada para siswa untuk mengakses kelas yang sudah dibuat. Google Classroom memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. 

2. Dapat menghemat waktu. Google Classroom memungkinkan siswa untuk tidak harus mengunduh tugas atau pelajaran yang diberikan oleh guru. Guru hanya membuat lalu mendistribusikan dokumen untuk siswa mereka secara online. Guru juga bisa menentukan peringkat siswanya, memberikan umpan balik untuk tugas – tugasnya, serta memberikan penilaian hanya menggunakan aplikasi google classroom. Dengan demikian, guru dan siswa dapat menghemat waktu. 

3. Menjalin kolaborasi, kerjasama, dan komunikasi. Google Classroom memungkinkan para guru dan siswa melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru bisa memberikan pemberitahuan ke para siswa untuk mulai diskusi online atau memberitahu tentang tugas atau kegiatan pembelajaran. Para siswa juga mempunyai kesempatan untuk melakukan umpan balik dengan siswa lainnya dengan mengunggah langsung ke fitur diskusi. Jadi, jika siswa membutuhkan bantuan karena kesulitan dalam memahami tugas, mereka bisa langsung mendapatkan masukan dari teman sekelasnya.

4. Penyimpanan data yang terpusat. Dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, semua data ditempatkan di dalam satu lokasi yang terpusat. Guru bisa melihat seluruh tugas di dalam folder tertentu, guru juga bisa menyimpan bahan ajar serta kegiatan secara cloud dan semua nilai atau peringkat dapat langsung dilihat di dalam aplikasi. Guru ataupun siswa tidak harus khawatir dengan dokumen yang akan hilang.

5. Dapat berbagi sumber daya secara efisien dan cepat. Pembaruan materi pembelajaran atau bahan ajar pasti akan terjadi dari waktu ke waktu. Setiap kurikulum sudah pasti harus mempunyai acuan jelas, tapi saat akan ada pembaruan atau perkembangan terbaru siswa harusnya mendapatkan informasi tersebut. Dengan menggunakan google classroom, hal tersebut dapat mungkin terjadi. Guru bisa memberikan update materi dan informasi dengan cepat, dan bisa dimanfaatkan oleh para siswa saat itu juga.

6. Tampilan yang mobile Friendly untuk pemula. Tampilan aplikasi yang mobile friendly bagi para pemula memungkinkan siswa tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya. Walaupun memiliki desain tampilan yang sederhana, google classroom memiliki banyak fitur yang bisa digunakan.

7. Dapat  dengan mudah mengelola tugas yang diberikan. Selain dapat digunakan dengan mudah, google classroom memiliki fitur lain yang bisa dengan mudah memperlihatkan satu halaman yang menyediakan laman tugas yang diberi oleh guru. Sehingga siswa tidak perlu lagi repot – repot untuk mencari tugas apa yang sudah diberikan oleh guru. Materi atau bahan ajar yang diberikan akan otomatis tersampaikan ke halaman siswa dan guru juga bisa mengirimnya lewat email. Google classroom memberikan banyak pilihan untuk guru dalam memberikan tugas atau materi, yaitu bisa dalam bentuk dokumen, foto, tulisan, gambar dan jenis file lainnya.

8. Seluruh file akan masuk ke akun Google Drive. Seluruh bentuk file baik doc, mp4, pdf, ataupun zip akan masuk otomatis ke dalam akun google drive pengguna, sehingga tidak perlu lahi mencari penyimpanan lain untuk menyimpan file yang di upload. Google classroom juga mensikronisasikan antara akun google classroom dan akun gmail yang Anda gunakan.

9. Dapat dengan mudah meninjau tugas sebelum dikirim. Google classroom juga memberikan fitur untuk melihat tugas sebelum dikirim. Karena meninjau tugas pasti sangat diperlukan agar dapat melihat kesalahan atau kekurangan dari tugas sebelum dikirim.

10. Mudah dalam melihat pengumuman dari guru. Google classroom memberikan kemudahan untuk para guru dalam memberikan informasi baik tugas, absensi, ataupun pengumuman lainnya. Sehingga para guru tidak akan repot lagi untuk memberikan pengumuman.

       Demikian pembahasan tentang Google Classroom yang dapat digunakan sebagi media pembelajaran di era pandemic. Tetap semangat rekan-rekan guru. Kita tetap berkewajiban mencerdaskan bangsa di berbagai kondisi. Selalu semangat dan berinovasi dalam membentuk generasi penerus bangsa.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top