PEMANFAATAN APOTEK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN APOTEK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Oleh : Rosi Al Inayah, S.Pd 

Guru SMK Farmasi Tunas Harapan Demak, Jawa Tengah

Rosi Al Inayah, S.Pd


       Di sekolah kami, SMK Farmasi Tunas Harapan Demak selalu mengajak siswa untuk melakukan hal yang nyata terkait cinta lingkungan atau bersahabat dengan alam. Salah satunya adalah menanam apotek hidup.

       Pengertian apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami obat-obatan untuk kebutuhan sehari-hari. Secara umum banyak obat-obatan tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Obat tradisional tidak memiliki efek samping dibandingkan obat yang dibuat di pabrik.

       Apotek hidup yang ada di sekolah memiliki manfaat yaitu menambah wawasan, mengurangi efek globalisasi, memperindah pekarangan dan sebagai bahan obat-obatan alami juga membuat sekolah lebih asri, sehat dan rindang.

       Di SMK Farmasi Tunas Harapan mempunyai apotek hidup kurang lebih 40 jenis tanaman obat. Nama jenis tanaman obat dan khasiatnya ditulis di banner dan ditempel di tembok dekat tanaman apotik hidup yang ada di sekolah. Tujuannya agar siswa dapat membaca dan mengetahui khasiatnya dari obat-obatan yang ditanam di sekolah. Contohnya lidah buaya berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan meredakan batuk. Contoh lain lengkuas bermanfaat sebagai bumbu dapur namun berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit panu, kadas dan kurap, dan masih banyak khasiat nama tanaman obat lain yang ditulis di banner.

       Tanaman apotek hidup yang ada di sekolah, tanamannya berasal dari siswa atas instruksi guru biologi, kemudian dikumpulkan ditanam di lahan yang kosong, dibantu oleh pesuruh. Mereka menanam sendiri dan tanaman tersebut diberi nama, mereka merawat setiap hari dengan menyirami tanamannya.

       Manfaat apotek hidup buat sekolah apabila siswa ada yang sakit keseleo ambil kencur ditumbuk dengan beras dibaluri pada kaki yang sakit rasa sakit segera hilang. Kami lakukan pertolongan pertama sebelum siswa dibawa ke puskesmas.

       Banyak manfaat yang dirasakan oleh warga sekolah dengan menanam apotek hidup. Namun tidak hanya di sekolah di rumah pun bisa menanamnya, seandainya tanahnya sempit bisa menggunakan pot sebagai media untuk menanam.

       Dengan memiliki apotek hidup rumah atau sekolah menjadi asri, sehat, indah dan rindang juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli obat atau bumbu dapur. Apotek hidup menjadi hidup lebih sehat bagi anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Apotek hidup di SMK Farmasi Tunas Harapan Demak.







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top