PENERAPAN METODE SMALL GROUP WORK BERBANTU BLOG EDUKASI IPA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI MAMPU MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR, KREATIFITAS BERFIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA

Print Friendly and PDF

PENERAPAN METODE SMALL GROUP WORK BERBANTU BLOG EDUKASI IPA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI MAMPU MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR, KREATIFITAS BERFIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA

Oleh : Irfanudin, S.Pd

Guru Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 2 Paranggupito Wonogiri Jawa Tengah


Irfanudin, S.Pd


       Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu  dan proaktif  menjawab tuntutan zaman  yang selalu berubah. (Permendiknas nomor 41 tahun 2007).

       Sekolah sebagai suatu instansi atau lembaga pendidikan idealnya harus mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi, dan transformasi. Dalam proses belajar mengajar di sekolah seorang guru merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan siswa. Seorang guru harus mampu menguasai jalannya pembelajaran saat mengajar dikelas. Pembelajaran  hakikatnya merupakan usaha sadar diri seseorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Pembelajaran juga merupakan interaksi dua arah dari seorang guru kepada siswanya, dan terjadi komunikasi (transfer) yang intens dan terarah menuju suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya (Trianto,2009:17). Oleh karena itu kegiatan  Pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi siswa menjadi kompetensi sesuai yang diharapkan (Suryani dan Agung, 2012:1). 

       Guru di era Abad 21 dituntut untuk mampu melakukan inovasi pembelajaran yang kreatif serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, gembira, penuh semangat. Apabila melihat suasana kelas terasa membosankan maka guru harus melakukan inovasi atau mengganti metode pembelajaran dengan menyesuaikan karakter siswa serta materi yang disampaikan. Hal ini juga berlaku pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam [IPA].

       Penulis sebagai guru IPA kelas VIII A semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 di SMPN 2 Paranggupito selalu melakukan inovasi pembelajaran serta memanfaatkan media berbasis Informasi Teknologi. Seperti pada saat menyampaikan materi tentang “Getaran, Gelombang dan Bunyi” pada pertemuan kedua penulis memilih menerapkan metode SGW [Small Group Work] dan memanfaatkan media berupa Blog Edukasi IPA.Alasan pemilihan tersebut karena saat menyampaikan materi pertemuan pertama metode pembelajaran dirasa belum tepat karena masih melihat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran sehingga pengetahuan, kreatifitas berfikir, pemahaman maupun nilai akademiknya menurun. Penurunan nilai akademik terlihat saat guru memberikan soal pada 24 siswa kelas VIII A, hanya sekitar 80% siswa yang aktif dan menguasai materi sehingga nilainya rata-rata 80 di atas kkm. Sedangkan 20% dari 24 siswa kurang aktif sehingga pengetahuan menurun serta nilainya hanya mendapatkan rata-rata 69 dibawah kkm. Setelah melakukan evaluasi, untuk mengatasi masalah tersebut pada pertemuan kedua dengan mengganti metode pembelajaran di atas sehingga mampu memancing aktifitas belajar, melatih berfikir kritis dan mendongkrak pengetahuan.

       Small Group Work [SGW] adalah salah satu strategi belajar mengajar, yaitu suatu cara mengajar di mana siswa di dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3 sampai 5 orang. Mereka bekerja sama dalam memecahkan masalah atau melaksanakan tugas tertentu dan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang telah ditentukan oleh guru. (Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008, hal. 14).

       Blog adalah (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut (https://id.m.wikipedia.org.wiki/blog). Sedangkan Blog Edukasi IPA merupakan Blog yang telah dibuat oleh penulis yang isinya tentang materi pelajaran IPA khususnya pada laman kelas VIII. Blog Edukasi IPA ini telah dirancang oleh penulis sedemikian rupa dengan menggunakan fitur materi IPA, tampilan gambar lengkap, link video, peta dan lain sebagainya sehingga mudah dipelajari.

       Adapun langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1] Guru menyiapkan Blog Edukasi IPA yang telah dibuat serta menyiapkan sarana pembelajaran. 2] Guru membuka pelajaran, menyampaikan tujuan dan proses pembelajaran. 3] Guru menarik perhatian siswa dengan menayangkan video pembelajaran yang diambil di Blog kemudian menyampaikan point-point materi. 4] Setelah menayangkan video guru memancing siswa dengan beberapa pertanyaan ringan yang berkaitan dengan materi. 5] Guru mulai membagi siswa menjadi beberapa kelompok kemudian membagikan rangkuman berupa materi bacaan dan menjelaskan mekanisme diskusi kelompok. 6) Siswa dibimbing untuk mendiskusikan tugasnya di laboratorium komputer, disarankan untuk mencari literatur di Blog Edukasi IPA. 7] Hasil tugas dan diskusi siswa ditulis pada selembar kertas pleno ditempel di depan kelas. 8] Secara bergiliran perwakilan kelompok bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedang kelompok lain memberi komentar, tanggapan atau pertanyaan. 9] Di akhir kegiatan guru memberikan rangkuman, penguatan materi, penilaian, motivasi dan apresiasi.

       Penerapan metode Small Group Work dan pemanfaatan Blog Edukasi IPA mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa. Langkah-langkah pembelajaran mengasah siswa untuk aktif dalam membaca, mengamati, berpikir kritis, menuangkan ide gagasan, terampil berbicara sehingga meningkatkan daya ingat, pemahaman, pengetahuan maupun nilai hasil belajarnya. Peningkatan pengetahuan dan nilai hasil belajar siswa dapat diketahui setelah guru memberikan soal ulangan kepada seluruh siswa kelas VIII A sejumlah 24 anak semuanya telah meningkat mampu menjawab dan 100 % nilainya melampaui batas kkm dengan rata-rata 92. Peningkatan yang lain terlihat pada literasi, kedisiplinan dan pemanfaatan media Informasi Teknologi dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top