MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI KALANGAN MILENIAL

Print Friendly and PDF

MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI KALANGAN MILENIAL

Oleh: Hanifah

hanifahhv@gmail.com 

Universitas Negeri Yogyakarta Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia




       Generasi Milenial adalah kehidupan Masyarakat sudah banyak menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Diera digital ini, menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan atau generasi milenial saat ini. Generasi milenial ini yang sangat banyak menggunakan teknologi dan informasi memiliki karakteristik dan pandangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

       Pada era generasi saat ini salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah kurangnya rasa semangat nasionalisme dikalangan generasi saat ini. Dikarenakan pengaruh budaya luar sehingga berakibat lunturnya budaya Indonesia. Selain itu, dengan semakin majunya teknologi maka informasi-informasi dapat diakses dimana saja dan kapan saja, dimana informasi tersebut juga tersebar secara luas dimana-mana unsur SARA dan Hoax juga tidak jarang menyerang di negri kita. Krisis moral dan krisis sosial seperti kriminalitas, kekerasan, pengangguran mengakibatkan generasi muda harus berperan aktif dalam memberantaskan kejahatan serta menghindari permusuhan berkelompok untuk menjalin kerukunan serta membuat aman Masyarakat. Hal ini menjadikan tantangan tersendiri generasi milenial untuk tetap menjaga persatuan NKRI dan menolak semua dari hal yang membuat kita untuk memecahkan kerukunan yang sudah terbentuk.

       Semangat kebangsaan harus selalu ditanam didalam diri manusia Indonesia. Nasionalisme yang sudah tertanam dalam hati sanubari bangsa akan memperkokoh ketahanan nasional untuk menghadapi kerusakan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Kekuatan bangsa ditunjukan dengan mampu menyelesaikan setiap masalah dan persoalan bangsa yang datang untuk mengganggu stabilitas nasional. Jiwa kebangsaan sangat dekat dalam sila-sila Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia.

       Ada berbagai cara di era milenial ini untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada generasi milenial ini, berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan:

1. Mengaitkan Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan dengan kehidupan sehari-hari.

2. Mengenalkan jasa-jasa pahlawan.

3. Mengenalkan Sejarah.

4. Mengenalkan dan mencintai produk-produk Indonesia.

5. Mengenalkan ragam budaya yang ada di Indonesia.

6. Mengenalkan karya anak bangsa.

7. Melakukan upacara bendara.

8. Memperkuat peran keluarga dan Masyarakat.

9. Melibatkan generasi milenial untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan Masyarakat.

10. Menggunakan metode belajar yang menarik dan inovatif.

       Menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan milenial ini adalah sebuah Pelajaran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk masa depan bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia, namun seiring perkembangan zaman dan juga majunya teknologi di kalangan Masyarakat menyebabkan para generasi milenial mulai kehilangan jiwa nasionalisme dan mungkin saja lupa akan ideologi Pancasila, maka dari itu perlunya Upaya untuk menumbuhkan jiwa serta rasa nasionalisme pada generasi milenial ini. Sebagai generasi penerus bangsa, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Marilah kita bersama-sama menumbuhkan semangat kebangsaan dikalangan milenial ini dan membangun Indonesia yang lebih maju.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top