TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Oleh: Puji Sriyanto, S.Pd.SD

SD Negeri Guworejo 4 Kecamatan Karangmalang Sragen Jawa Tengah


Puji Sriyanto, S.Pd.SD


       Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran.

       Saat ini, teknologi telah memiliki peran penting dalam dunia pendidikan kita. Teknologi telah berkembang menjadi alat yang sangat membantu dunia pendidikan dan juga dalam hal menemukan dan mencari informasi terbaru. Coba perhatikan alat-alat di sekeliling kita, mulai dari laptop, personal computer, smartphone, tablet, dan lain-lain.

       Semuanya telah hadir dalam keseharian kita untuk membantu kegiatan sehari-hari kita dalam mencari dan menemukan informasi. Smartphone sebagai alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana telah menjadi alat yang tidak lepas dari diri kita, bahkan sebagian mengatakan bahwa Smartphone telah menjadi setengah bagian dari dirinya. Hal ini karena fungsi smartphone yang berfungsi sebagai alat multitasking, sebagai alat untuk browsing internet, membuka E-book, membuka social media, melakukan chat, telepon, video call, dan melakukan hal bermanfaat lainnya. Semuanya bisa dilakukan berkat aplikasi dan teknologi yang tersedia bahkan untuk dunia pendidikan sekalipun.

       Di saat pandemi Covid-19, ketika sekolah dan perguruan tinggi di tutup sementara karena adanya PPKM, maka guru sekolah dan dosen perguruan tinggi harus memutar otak agar kegiatan belajar bisa dilakukan secara efektif. Maka dari itu guru sekolah dan dosen perguruan tinggi memanfaatkan aplikasi Zoom, Google Classroom, Google meet, dan belajar via Youtube sebagai alat pembelajaran jarak jauh yang dirasa efektif. 

       Teknologi ini akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Peran kita sebagai orang yang terlibat dalam dunia pendidikan adalah memanfaatkan teknologi dengan baik dan ke arah yang positif.  Meski saya merasakan ada sedikit dampak negatif dari banyaknya informasi yang tersebar di dunia maya berkat teknologi seperti adanya hoax dan pengetahuan yang salah dalam dunia pendidikan, peran kita sebagai pelaku dunia pendidikan harus pandai dalam menyaring informasi dan memberikan sosialisasi kepada murid dan teman-teman kita untuk menggunakan teknologi dengan lebih bijak dan kritis.

       Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi dengan berbagai program yang ditawarkannya telah mengubah jutaan manusia di dunia ini. Ada berbagai manfaat dan aspek positif yang diperoleh dari beraneka ragamnya aplikasi yang ditawarkan TIK. Banyak hal yang sebelumnya tidak terbayangkan, kini hadir dan memperkaya warna kehidupan. Bahkan, kehidupan manusia sekarang ini maju sangat pesat karena pengaruh teknologi informasi dan komunikasi. Namun, banyak juga yang merasa gelisah karena berbagai dampak negatif dari teknologi. Harus jujur diakui bahwa teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menawarkan aspek positif tetapi juga membawa aspek negatif. Dari aspek moralitas, misalnya, TIK telah menjadi media penyebarluasan berbagai perilaku yang melanggar norma agama dan sosial. Jika dimanfaatkan secara bijak, sebenarnya teknologi informasi dan komunikasi memberikan banyak manfaat.

       Dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi adalah tidak semua orang memiliki akses internet yang cepat dan alat yang mendukung kegiatan pembelajaran. Masih banyak saudara-saudara kita dari daerah terpencil kekurangan sumber informasi karena keterbatasan akses internet. Belum lagi oleh orang-orang kelas bawah yang untuk makan sehari-hari saja sulit, namun saat kegiatan pembelajaran dipaksa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

       Kegiatan pembelajaran jarak jauh tanpa adanya bimbingan dari pengajar juga tidak akan berjalan secara efektif dalam melihat perilaku peserta didik atau behavioral skills yang baik. Teknologi memang saat ini berperan penting dalam dunia pendidikan, namun yang paling utama adalah peran pengajar dalam kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara efektif dan efisien. Terutama dalam mendidik peserta didik dalam tata karma dan perilaku nya yang akan berperan penting dalam kegiatan bermasyarakat nantinya. Teknologi tanpa adanya peran pengajar akan berjalan kurang efektif. Oleh karena itu meski teknologi di masa depan akan dimanfaatkan dengan baik, namun peran pengajar masih sangat penting agar peserta didik siap dalam mengasah kemampuan mereka untuk dimanfaatkan dalam kegiatan bermasyarakat dan dalam pekerjaan mereka nantinya.

       Bisa dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi pendidikan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi adalah objek dan teknologi pendidikan adalah subyeknya. Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masalah, karena teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Berkaitan dengan hal itu, maka teknologi pendidikan juga dipandang sebagai suatu produk dan proses. Dapat disimpulkan bahwa teknologi pendidikan tidak hanya merupakan sebuah ilmu akan tetapi juga sebagai sumber informasi dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top