ASAH TEKNIK BOLA VOLI DENGAN VIDEO TUTORIAL

Print Friendly and PDF

ASAH TEKNIK BOLA VOLI DENGAN VIDEO TUTORIAL

Oleh : Lanjar Ari Wibowo S.Pd

Guru Mapel PJOK SD Negeri 1 Sedayu Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah

Lanjar Ari Wibowo S.Pd


      Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan melalui guru mata pelajaran, dituntut menguasai dan mengaplikasikan variasi media pembelajaran. Guna mendukung pembelaajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Salah satunya pada mata pelajaran (mapel) pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan (PJOK).

       PJOK merupakan mapel yang sangat penting untuk dipelajari siswa dimasa sekarang ini. Menurut Hartono dkk dalam (Tri Wibowo,n.d), PJOK adalah proses pendidikan yang memnfaatkan aktivitas fisik untuk membugarkan dan menghasilkan perubahan holistic dalam kualitas individu. Baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Oleh sebab itu untuk memcapai hal tersebut, guru harus memiliki strategi atau gaya mengajar yang interaktif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa.

       Penulis sebagai guru PJOK kelas V SD Negeri 1 Sedayu Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, saat menyampaikan materi perminan bola besar atau bola voli memilih memanfaatkan media video tutorial. Sebagai alat untuk menyampaikan materi sekaligus memberi tugas kepada sisiwa.

       Media ini dipilih, karena dianggap menarik minat siswa, agar secara fisik termotivasi dalam menjaga kesehatan maupun keterampilan. Sedangkan secara akademik, dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga meningkatkan pengetahuan, pemahaman, maupun hasil belajarnya.

       Pemilihan media video ini juga didasari, karena saat pembelajaran menggunakan aplikasi lain, berjalan kurang maksimal. Beberapa siswa terlihat bosan dan jenuh dalam merespons materi atau tugas yang disampaikan. Sehingga menurunkan daya serap, pemahaman, keterampilan, maupun hasil belajarnya. Penurunan tersebut terlihat ketika guru mengecek kedisiplinan serta mengoreksi tugas yang diberikan. Dari keseluruhan sisiwa 9 siswa kelas V, hanya 70 persen yang aktif, disiplin, menjawab soal benar, dan mengumpilkan tugas tepat waktu. Karena itulah, dalam menyampaikan materi permainan bola besar bola voli, penulis menggunakan video tutorial. Sebagai sarana dalam menyampaikan materi dan mengerjakan tugas. Sehingga pembelajaran lebih menarik, menantang, aktif, kreatif dan menyenangkan.

       Video merupakan media Audio visual yang menampilkan gerak (Sadiman,2008:74). Sedangkan video tutorial permainan bola voli ini, sebelumnya telah dibuat sendiri oleh penulis dan disesuaikan materi. Agar memudahkan siswa memahami materi, mengasah keterampilan, serta menguasai teknik bermaian bola voli dengan benar.

       Langkah – langkah pembelajaran sebagai berikut berikut: Guru membuat video tutorial bola voli dan menyiapkan sarana prasarana. Kedua, mengirim video pendek melalui Whatsapp (WA Grup) isinya pembelajaran, menyampaikan tujuan, dan proses pembelajaran. Ketiga, guru menyampaikan poin-poin materi melalui video pendek. Kemudian membagikan video tutorial bola voli. Kempat, guru meminta siswa membuka dan mengamati penayangan video tutorial. Kemudian merangkum poin penting serta belajar mempraktikkan. Kelima, guru mengecek kehadiran dan membuka sesi Tanya jawab. Keenam, guru memberikan tugas praktik teknik bola voli dengan benar. Ketujuh, guru mengevaluasi, merangkum, menilai, mengapreasi, memotivasi, serta mengingatkan siswa selalu menjaga kesehatan dan 5M.

       Video tutorial permainan bola voli terbukti menarik minat siswa mengikuti pembelajaran PJOK. Motivasi dan aktifitas belajar siswa meningkat setelah melihat tayangan video tersebut sehingga siswa lebih mudah memahami dan menerima materi yang disampaikan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat setelah guru mengoreksi tugas, siswa mempu mengerjakan tugas dengan benar dan tepat waktu. Sehingga mendapatkan nilai melebihi KKM. Peningkatan yang lain, siswa terampil menguasai teknik permainan bola voli dengan benar, disiplin berlatih, maupun mengikuti pelajaran.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top