SAATNYA KITA RAMAH DENGAN TEKNOLOGI

Print Friendly and PDF

SAATNYA KITA RAMAH DENGAN TEKNOLOGI

Oleh : Nurul Aini, S.Pd

SD Negeri Ngaluran 3, Karanganyar, Demak Jawa Tengah

Nurul Aini, S.Pd


       Guru merupakan unsur yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja dalam proses belajar mengajar, sebab guru dapat menetukan berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam proses pendidikan dan pengajaran perlu tersedianya guru yang qualified, artinya ialah disamping menguasai materi pelajaran, metode mengajar, juga mengerti tentang dasar-dasar pendidikan. Dasar-dasar pendidikan amat sangat penting diketahui oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya yang mulia sebagai pengajar atau pendidik, hal ini merupakan sebagai sarana untuk membangkitkan dan memotivasi siswa dalam proses belajar mereka. Walaupun penguasaan materinya sangat baik, akan tetapi tidak didukung oleh pengetahuan akan faktor-faktor didaktis, maka akan menimbulkan dampak sebuah hambatan dalam penguasaan materi bagi siswa terhadap apa-apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Meskipun terhadap pengalaman belajar justru menjadikan guru lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran disertai dengan penggunaan metode yang baik dan tepat.

       Beberapa waktu lalu masyarakat dunia dihebohkan dengan munculnya sebuah virus yang kini resmi diberi nama Covid-19. Virus ini mempunyai tingkat penularan yang sangat cepat, dan oleh karenanya muncul himbauan agar masyarakat tetap berada di rumah masing-masing.

       Hal itu otomatis mempengaruhi seluruh kegiatan yang ada, Khususon pada sektor pendidikan. Pemerintah menghimbau agar pembelajaran dapat dilakukan di rumah, hal itu kemudian memunculkan solusi bahwa proses pendidikan dapat dilakukan secara online.

       Saat ini pembelajaran online dianggap sebagai satu-satunya solusi yang dapat diterapkan, meskipun dalam pelaksanaannya terdapat banyak sekali kekurangan. Kekurangan itu dapat ditemukan dari guru maupun murid. Banyak ditemukan kasus bahwa murid merasa kesulitan memahami pelajaran ketika diberikan secara online dan banyak juga dari tenaga pendidik yang merasa kesulitan dalam menyajikan materi kepada muridnya. Ini menunjukkan bahwa memang kita masih belum siap dengan pembelajaran secara online.

       Namun meskipun begitu seperti kalimat yang berbunyi di awal, bahwa sepandai-pandai orang adalah yang mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian. Walaupun terlihat ribet dalam melakukan pembelajaran online, tapi sebenarnya kita belajar. Tenaga pendidik secara tidak langsung mencoba untuk mengenal teknologi dan memanfaatkannya, hal ini dimungkinkan beberapa tahun kedepan tingkat kegaptekan tenaga pendidik di Negara kita akan menurun dan dimungkinkan kedepan guru bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk proses pembelajaran agar tidak tergerus dengan kemajuan zaman. 

       Dari sisi murid yang sebelumnya banyak menggunakan teknologi untuk keperluan Game, Sosial media, nonton film, dll. Kini mereka belajar memanfaatkan teknologi untuk keperluan pendidikan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran pada murid agar bisa lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Ini pun dirasa sebuah kemajuan besar karena peran teknologi dalam menunjang pendidikan seseorang dapat begitu efektif bagi yang bisa memanfaatkannya. Selain itu terdapat studi bahwa pembelajaran berbasis online akan meningkatkan kreatifitas dan kemandirian belajar (Self Regulated Learning) pada siswa. 

       Meskipun sampai saat ini kita masih kebingungan menerapkan pendidikan online, percayalah hal itu karena kita belum terbiasa. Harapan besar bahwa siswa siswi kita kedepan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik untuk kepentingan belajar. Sehingga dimasa yang akan datang akan ada anak muda yang inovatif dan kreatif yang mampu memberikan sumbangsih pada Negara kita ini.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top