PEMANFAATAN TPACK DI ERA ABAD 21 PADA MATERI MEMBUAT POSTER KELAS V SDN SEMEN

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN TPACK DI ERA ABAD 21 PADA MATERI MEMBUAT POSTER KELAS V SDN SEMEN

Oleh : Asri Setiyani, S.Pd.

Guru SD Negeri Semen Wonoboyo Temanggung Jawa Tengah

Asri Setiyani, S.Pd.


       Pendidik atau guru memiliki peran sentral dalam perkembangan proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran merupakan suatu istilah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain dalam proses pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar siswa belajar. 

       Dalam proses pembelajaran penting bagi guru untuk menumbuhkan semangat, keberanian dan kreatifitas siswa. Hal ini akan mempengaruhi keaktifan siswa yang mempengaruhi perolehan hasil belajar siswa. Menurut Hartono, dkk (2015: 100) bahwa pembelajaran aktif merupakan kegiatan yang dapat membela perubahan pada diri setiap orang menjadi lebih baik. Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar akan menimbulkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa atau dengan siswa lainnya. Hal ini menghasilkan suasana kelas yang kondusif dimana setiap siswa dapat melibatkan kemampuannya secara maksimal.

       Pendidik dan peserta didik bersinergi dalam aktivitas pendidikan yang melibatkan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tentu saja tidak terlepas dari peran pendidik yang profesional. Pendidik profesional merupakan kebutuhan untuk mendorong terwujudnya mutu pendidikan yang berkualitas. Pendidik yang profesional harus dapat merencanakan pembelajaran dengan baik, menjalankan pembelajaran yang optimal, serta melakukan asesmen dan evaluasi yang tepat. Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang pendidik dan dosen, pendidik profesional harus memiliki kompetensi dasar dalam pendidikan, antara lain Kompetensi profesional kompetensi pedagogik Kompetensi sosial kompetensi kepribadian. Pendidik yang profesional harus memiliki kemampuan pada komponen kinerja bahan pengajaran penyesuaian kepribadian dan sikap.

       Era abad 21 menggiring pendidik profesional untuk menguasai Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK). Pendidik di abad 21 dituntut dapat menyampaikan materi dengan metode yang menarik serta dapat mengintegrasikan teknologi di dalam pembelajaran. Komponen TPACK yang meliputi kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional. Pendidik tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga keterampilan dan sikap yang baik. Pendidik yang profesional mampu mengembangkan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif dan menyenangkan. Pendidik dituntut cakap teknologi digital sesuai tuntutan dalam pembelajaran di abad 21. Kegiatan belajar mengajar pada abad 21 harus memadukan antara penggunaan teknologi, pengetahuan dasar keilmuan dan kecakapan pedagogis. Kombinasi antara pengetahuan materi pedagogik dan kecakapan menggunakan teknologi dikenal dengan istilah TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge).

       Pembelajaran berbasis TPACK ini dimanfaatkan oleh penulis pada pembelajaran materi membuat poster di kelas V SD Negeri Semen. Melalui pembelajaran berbasis TPACK ini berharap akan memunculkan kreavitas pada peserta didik.

       Kreativitas menurut Rachmawati dan Kurniati (2010: 14) adalah proses mental individu yang melahirkan ide, proses, metode atau produk baru yang bersifat imajinatif, estetis, luwes, integrasi, suksesi, diskontinuitas, dan diferensiasi yang efesien dalam berbagai bidang untuk memecahkan suatu masalah. 

       Poster adalah pengumuman berupa gambar  dan tulisan yang ditempel di dinding atau di tempat umum. Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci tetapi hanya menggunakan kalimat sederhana yang mudah diingat. 

       Langkah yang dilakukan penulis dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis TPACK pada pembelajaran materi membuat poster di kelas V SD Negeri Semen sebagai berikut:  

1. Siswa membentuk kelompok terdiri dua sampai tiga orang. 

2. Siswa memperhatikan tentang poster yaitu menentukan tema poster. Bahasa yang digunakan jelas, singkat, dan bersifat mengajak atau menghimbau. Poster dibuat menggunakan gambar dan warna-warni menarik. Tulisan pada poster harus jelas terbaca dan berukuran besar.

3. Poster yang dibuat tentang jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem. Siswa mencari gambar tumbuhan, hewan dari internet, majalah, surat kabar.

4. Potong gambar-gambar tumbuhan dan hewan yang telah diperoleh.

5. Menempelkan gambar-gambar hewan dan tumbuhan di kertas gambar sesuai urutan jaring-jaring makanan.

6. Menambahkan garis atau tanda panah pada jaring-jaring makanan dengan menggunakan spidol atau pensil warna.

7. Menambahkan keterangan atau informasi tentang tumbuhan dan hewan tersebut.

8. Menghias poster agar terlihat lebih menarik.

9. Mempresentasikan hasil poster yang telah dibuat di depan kelas.

       Setelah dilaksanakannya pembelajaran materi pembuatan poster melalui pemanfaatan pembelajaran berbasis TPACK mampu meningkatkan kreativitas siswa dan pemahaman materi pembelajaran semakin meningkat. Hal ini dikarenakan siswa aktif, senang dan kreatif selama mengikuti pembelajaran dan para siswa berharap penerapan pembelajaran berbasis TPACK ini digunakan pada materi pelajaran berikutnya. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top