FKIP Univet Bantara Adakan Pendampingan Intensif Pemutakhiran Data di SISTER

Print Friendly and PDF

 

Tampilan layar kegiatan pendampingan insentif pemutakhiran data di SISTER secara daring.

FKIP Univet Bantara Adakan Pendampingan Intensif Pemutakhiran Data di SISTER

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan pendampingan intensif pemutakhiran data di SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) diikuti dosen dari 11 program studi di FKIP selama dua hari. Selasa-Rabu (22-23/2/2022) secara daring.

Dekan FKIP Univet Bantara, Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan SISTER ada di level PDDIKTI, LLDIKTI dan di Univet yang sudah memiliki server SISTER. SISTER berupa portofolio yang mengarsip semua data dan dokumen kinerja dosen mulai dari kinerja pendidikan, kinerja penelitian, kinerja pengabdian dan kinerja penunjang lainnya yang bisa diintegrasikan ke sistem lainnya maupun sebaliknya.

"Contohnya data di SINTA portofolio publikasi ilmiah bisa ditarik ke SISTER. Sehingga kinerja publikasi karya apa saja yang sudah dilakukan oleh setiap dosen bisa diambilkan dari portofolio SINTA ditarik ke SISTER kemudian digunakan untuk pelaporan BKD (Beban Kinerja Dosen)," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan adanya pelatihan dan pendampingan SISTER bagi seluruh dosen FKIP dikarenakan mulai semester ganjil tahun 2021/2022 LLDIKTI mewajibkan setiap dosen tetap yang sudah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi wajib melaporkan BKD melalui SISTER.

"Pelatihan dan pendampingan pengisian SISTER dibagi menjadi 4 rumpun, antara lain Rumpun MIPA (Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi), Rumpun Bahasa (PBSD,PBI,PBSI), Rumpun IP (PGSD, TP, BK) dan Rumpun IPS (Pendidikan Geografi, PPKn dan Pendidikan Sejarah). Kegiatan pendampingan diikuti oleh 93 Dosen Tetap FKIP Univet Bantara," ujarnya.

Setelah pelatihan, pihaknya terus melakukan evaluasi dan memberi fasilitas pendampingan secara personal ketika ada peserta pelatihan yang belum memahami materi secara baik.

"Ini masih kita dampingi terus secara personal. Kita dibantu beberapa dosen yang sudah pengalaman menggunakan SISTER dan ada juga operator SISTER dari kampus," terangnya. (Sofyan)


Baca juga: Lomba Kompetensi Siswa SMK TKRO Tingkat Kabupaten 2022 Digelar di SMK Veteran 1 Sukoharjo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top