JOGGING OLAHRAGA YANG MURAH

Print Friendly and PDF

JOGGING OLAHRAGA YANG MURAH

Oleh : Tantomy Yuniyantiko, S.Pd

SMA Negeri 1 Lasem, Rembang Jawa Tengah

Tantomy Yuniyantiko, S.Pd


      Jogging sebagai olahraga yang lebih murah daripada olahraga yang lainnya, namun tidak semua masyarakat melakukan jogging. Jogging sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk mendorong dan mengembangkan kekuatan jasmani maupun rohani melalui gerak berjalan atau berlari yang kecepatannya lebih lambat, (Swandiningrat,2011). Masyarakat yang melakukan jogging akan memiliki tubuh yang sehat daripada yang tidak melakukan jogging.

       Waktu yang paling tepat untuk melakukan jogging adalah pagi hari. Saat pagi hari, tubuh kita akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik untuk sistem pernapasan.

       Keberadaan jogging yang membuat tubuh menjadi sehat dan bugar dijadikan sebagai gaya hidup dalam masyarakat. Banyak hal ilmiah yang dapat dijelaskan dari olahraga ini. Baik dari segi olahraganya maupun dari segi fisiologinya, yaitu efek jogging terhadap pembulu darah, jantung, dan metabolisme tubuh yang lain, dimana kesemuanya menunjukkan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Beberapa manfaat jogging bagi kesehatan antara lain :

1. Menurunkan Berat Badan

       Dengan jogging setiap hari, Anda dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau obesitas. Setengah jam kegiatan ini dapat membakar sekitar 300 kalori. Jogging tidak hanya membakar lemak, tetapi juga membantu mempertahankan berat badan.

2. Memperkuat Sistem Imunitas

        Jogging memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Hal ini berlaku untuk penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang seperti diabetes. Selain itu, aktivitas ini merangsang produksi limfosit dan makrofag yang melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus.

3. Baik untuk Jantung

       Olahraga kardiovaskular ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah masalah atau penyakit jantung. Jogging membantu menjaga tekanan darah serta mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa darah.

4. Meningkatkan Sistem Pernapasan

       Seperti latihan aerobik lainnya, jogging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Dengan ber-jogging, paru-paru akan mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbondioksida secara efisien.

5. Menurunkan Resistensi Insulin

       Resistensi insulin merupakan satu di antara penanda tahap awal diabetes. Sel dalam tubuh tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah. Peneliti menemukan, jogging secara teratur menurunkan resistensi insulin pada peserta penelitian. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh dan peradangan mungkin menjadi penyebab peningkatan resistensi insulin.

6. Membantu Melindungi dari Efek Negatif Stres

       Jogging dapat melindungi otak dari efek stres yang berbahaya. Studi menemukan, latihan aerobik seperti jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.

7. Membantu Atasi Depresi

       Olahraga telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Studi tahun 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi.

       Setelah 12 minggu olahraga secara konsisten, mereka yang berolahraga teratur mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres.

       Orang yang memiliki gejala kecemasan atau depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang disukai. Jogging dapat menjadi pilihan Anda.

8. Membuat Tulang Belakang Fleksibel Seiring Bertambah Usia

       Di antara tulang belakang pada punggung, terdapat bantalan pelindung yang fleksibel bernama diskus. Bagian ini sebenarnya berupa kantong berisi cairan yang dapat menyusut dan haus seiring bertambahnya usia, terutama bila menjalani kehidupan relatif tidak banyak bergerak.

       Selain itu, saat jogging, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu meningkatkan semangat dan menciptakan perasaan positif terhadap diri sendiri. Jadi, Anda bisa merasa tenang dan segar setelah melakukan aktivitas ini.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top