Mahasiswa KKNT Unisri Melatih Pembuatan Aquaponik Rakit Apung

Print Friendly and PDF

Sinta Nurani saat melatih membuat Aquaponik Rakit Apung.

Mahasiswa KKNT Unisri Melatih Pembuatan Aquaponik Rakit Apung 

Cianjur- majalahlarise.com -Adanya pandemi Covid-19 yang masih menjadi permasalahan di Indonesia menjadikan KKN dilakukan secara mandiri sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa. Salah satu peserta peserta KKNT “MBKM Wujudkan Desa Bangkit” Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Sinta Nurani dari Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi kelompok 17 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Elly Istiana Maulida, SP, MP melakukan Pelatihan Pembuatan Aquaponik Rakit Apung. Kegiatan pelatihan dilakukan di salah satu rumah warga Kp. Pasirpari RT 003 RW 005, Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Rabu (11/8/2021).

“Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan memanfaatkan kolam ikan yang ada di sekitar rumah warga RT 003 RW 005. Dengan adanya pelatihan pembuatan aquaponik rakit apung ini diharapkan warga Kp. Pasirpari RT 003 RW 005 dapat memanfaatkan kolam ikan yang terdapat di sekitaran rumah untuk menjaga ketahanan pangan keluarga," ujar Sinta Nurani dalam keterangan tertulis kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan Sinta, warga sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, karena cara budidaya tanaman dengan sistem aquaponik ini merupakan hal yang baru diketahui oleh warga Kp. Pasirpari RT 003 RW 005.

“Cara budidaya sistem aquaponik ini masih belum dilakukan di daerah sini, belum terdapat juga masyarakat yang melakukan budidaya dengan cara aquaponik tersebut. Sistem pertanian ini sangat unik," ungkap salah satu warga Ibu Rokayah yang mengikuti pelatihan. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN UNISRI Memberikan Desain Logo Usaha Gratis kepada UMKM



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top