WUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN MENDONGKRAK HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA BERBASIS APLIKASI “TIK TOK”

Print Friendly and PDF

WUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN MENDONGKRAK HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA BERBASIS APLIKASI “TIK TOK”

Oleh : Masri Nur Hayati, S.Pd.

Guru Seni Budaya (Seni Tari) SMA N 1 Baturaden Jawa Tengah

Masri Nur Hayati, S.Pd.


       Pendidikan merupakan pengembangan pribadi yang dapat mewujudkan peningkatan sumber daya manusia. Di lingkungan Pendidikan (sekolah) peran dan tugas seorang guru adalah sebagai pendidik dan siswa merupakan peserta didik yang penerapannya dilakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar baik dikelas maupun diluar kelas. Menurut Winkel dalam  [Nurrahma,1991:14 ] Belajar menghasilkan suatu perubahan tingkah laku keterampilan, kemampuan dan kecakapan serta perubahan-perubahan aspek-aspek lainnya yang ada pada diri siswa  yang melakukan kegiatan belajar.

       Seiring dengan tanggung jawab sebagai guru professional, maka dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru dituntut  untuk selalu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran dengan maksimal, termasuk dalam mendesain kegiatan pembelajarannya dengan mengatur strategi pembelajaran dengan tepat dan terukur. Di era abad 21 ini, seluruh guru dituntut untuk menguasai teknologi informasi guna memudahkan dalam menyampaikan materi yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

      Selama ini penulis sekaligus sebagai guru mata pelajaran Seni Budaya (seni tari) di SMA 1 Baturaden merasa materi yang disampaikan masih belum sepenuhnya tersampaikan kepada peserta didik. Dalam mengajar tentunya saya banyak mengalami rintangan dari berbagai karakter peserta didik yang saya ajar.  Berapa dari mereka terkadang kurang disiplin dan kurang fokus dalam menerima materi sehingga berdampak pada penurunan daya serap, pemahaman, kreatifitas, keterampilan maupun niai akademiknya. Melihat kondisi diatas penulis selalu melakukan evaluasi guna menjaga kualitas pembelajaran. Setelah melakukan evaluasi salah satu pemicu permasalahan di atas yaitu penerapan strategi atau metode pembelajaran yang kurang tepat sesuai materi yang disampaikann sehingga perlu dirubah dan disesuaikan dengan materi yang lebih inovatif, selain itu pemnafaatan media berbasis  teknologi informasi perlu ditingkatkan. Dengan memanfaatkan berbagai media teknologi seperti aplikasi di smartphone maka akan merubah pembelajaran yang semula monoton membosankan menjadi lebih aktif, kreatif, menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 

       Di Era 4.0 ini sosial media sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat, khususnya peserta didik. Sering kali kegiatan belajar terganggu karena dengan aktifitas peserta didik yang sering kali men-scrool media sosial disela-sela penjelasan yang diberikan oleh guru dikelas. Sosial media yang sering dilihat pada peserta didik antara lain whatsapp, Instagram, twitter, youtube, serta tiktok. Hal tersebut dilakukan oleh peserta didik karena dalam pembelajaran peserta didik merasa bosan, mengantuk dan sudah lelah karena alur pembelajaran yang terlalu monoton untuk diperhatikan oleh peserta didik terutama guru masih menggunakan media pembelajaran yang  masih sangat sederhana. Apalagi dengan pembelajaran praktik tari, peserta didik sulit untuk bereksplorasi gerak karena kurangnya pengetahuan peserta didik, kurangnya bakat, minat dan motivasi untuk pembelajaran praktik. 

       Peserta didik sering kali menggunakan youtube untuk referensi pembelajaran, akan tetapi peserta didik merasa bingung dan bosan jika harus mencari referensi pada video yang durasinya lama. Aplikasi tiktok merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Zhang Yiming yang juga merupakan pendiri Toutiao, [ meri puspita. 2020]. Pada aplikasi ini banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran, misalnya memberikan informasi tertentu, perform dance, unjuk bakat, atau yang lainnya. Selain itu aplikasi tiktok juga dapat digunakan dalam kegiatan olahraga, konten kreatif, mengekspresikan diri, mengatasi masalah mental, memperbaiki suasana hati, kampanye berbagi kepada orang lain, branding diri, mengembangkan bisnis dan pemasaran, kesehatan, dan yang penting sebagai media hiburan dan membuat para penggunanya kreatif. Seperti yang kita ketahui keungulan aplikasi tiktok ini adalah, mengandalkan konten local, tidak perlu akun untuk melihat video, menyajikan video pendek menarik, pembuatan video mudah, banyak filter bermanfaat di dalamnya, bisa memakai background music sesuai pilihan.

       Melihat keunggulan aplikasi tiktok ini penulis melihat bahwa aplikasi ini dapat menjadi dasar pemikiran /ide kreatif dalam memadukan mata pelajaran dengan aplikasi sosial media lain yang sedang trend untuk saat ini sehingga peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran yang kita lakukan salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi tiktok untuk pembelajaran praktik di kelas yang saya ajar. Dengan aplikasi tiktok ini yang memiliki durasi yang singkat tetapi menarik, peserta  didik dapat memilih atau menggabungkan gerak yang dianggap paling bagus dan bisa dikreasikan sesuai dengan kreatifitasnya yang didukung oleh fitur yang ada di dalamnya. 

       Dalam praktek penggunaanya peserta didik dibimbing oleh guru dalam membuat koten video dengan menggunakan musik tanpa harus mencantumkan pencipta musik atau tariannya. Hasil karyanya akan di upload di aplikasi tiktok sehingga akan semakin menarik dan memudah  peserta didik dalam mengeksplore kreatifitasnya, juga lebih senang serta pembelajaran karena lebih menarik dan menantang mereka untuk bersaing positif pada hasil karya yang mereka buat. Hal tersebut dapat dikatakan sesuai dengan apa yang saya harapkan. Peseta didik lebih senang, aktif, kreatif dan hasil belajarpun meningkat sesuai apa yang diharapkan.

       Pembelajaran sangatlah dipengaruhi oleh sitem pembelajaran itu sendiri. Salah satu sitem pembelajaran yang baik adalah bisa membuat peserta didik terampil aktif  dan tidak membosankan baik dikelas maupun diluar kelas. Pemanfaatan berbagai aplikasi  khususnya Tiktok mampu meningkatkan motivasi belajar sehingga suasana pembelajaran yang semula kaku menjadi pembelajaran yang asik, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Materi yang sudah disampaikan juga lebih mudah diterima dan dipelajari sehingga mendongkrak kualitas pembelajaran serta  meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tidak ada salahnya penulis mengajak teman-teman guru untuk menerapkan aplikasi yang sama ataupun yang lain yang lebih variatif dalam melakukan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top