GOOGLE FORM SOLUSI ASSESSMENT MATERI KIMIA STRUKTUR ATOM SAAT PANDEMI COVID-19

Print Friendly and PDF

GOOGLE FORM SOLUSI ASSESSMENT MATERI KIMIA STRUKTUR ATOM SAAT PANDEMI COVID-19

Oleh: Puji Dwi Hastuti, S.Pd

Guru Kimia SMAN 1 Baturetno, Wonogiri

Puji Dwi Hastuti, S.Pd


       Pandemi Covid-19 adalah wabah yang menyerang dunia  pada tahun 2020 ini, termasuk di negara kita Indonesia. Karena pandemi ini beberapa sektor kehidupan melemah bahkan nyaris lumpuh, termasuk sektor pendidikan. Sudah sejak bulan Maret, Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan  Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu arahan dalam surat edaran tersebut adalah proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Hal ini menuntut pendidik untuk mendesain proses pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media daring yang mudah bagi guru dan peserta didik.

       Menurut Gronlund (1984) dalam Asep Jihad dan Abdul Haris, assesment adalah proses sistematik pengumpulan, penganalisaan, dan penafsiran informasi untuk menentukan sejauh mana siswa mencapai tujuan. Dalam perencanaan penilaian proses serta hasil belajar dan pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari perencanaan pembelajaran itu sendiri. Penyusunan rencana penilaian merupakan rangkaian program pendidikan dan pembelajaran yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sedangkan menurut Nana Sudjana, assesment adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu.

      Selama BDR (Belajar dari rumah) tentunya sulit untuk mengukur sejauh mana hasil yang dicapai peserta didik. Assesment pembelajaran yang penulis gunakan selama BDR adalah Google Form. Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu guru merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.

       Berdasarkan dari fitur yang dimiliki sebagai aplikasi pembuat form, maka kita dapat memanfaatkan untuk membuat soal online dan penilaian online yang bisa digunakan membantu mengukur keberhasilan proses pembelajaran peserta didik. Dipadukan dengan penggunaan google classroom pada saat menyampaikan materi dan Whatsapp (WA) Group untuk koordinasi, maka kelas terasa lebih hidup meskipun dilakukan dengan daring.

       Langkah pertama guru membuat Whatsapp (WA) group digunakan untuk pengkondisian awal peserta didik. Guru menyampaikan petunjuk mengerjakan assesmet tersebut. Materi yang akan digunakan untuk assessment kali ini adalah, materi Kimia Semester 1 Bab 2, tentang Struktur Atom. Guru menyampaikan pengumuman di WA group kelas X Mipa 2 SMAN 1 Baturetno, pengumuman berkaitan dengan jadwal assessment. Langkah kedua pemberian Assesment pembelajaran dengan mengcopy link yang telah dibuat melalui google form ke Google Classroom. Guru memberikan batasan waktu dimulainya mengerjakan pada Google Classroom dan waktu berhenti mengerjakan sudah diatur di google form melalui form limiter. 

       Peserta didik yang sudah selesai mengerjakan assesmet dapat langsung melihat skor yang diperolehnya. Begitupun dengan guru dapat dengan mudah mengakses hasil  pekerjaan peserta didiknya. Hasil pengerjaan assessment dapat diunduh pada fitur tanggapan (respon). Fitur ini sangat membantu guru dalam melakukan analisis belajar peserta didik. Oleh karena itu guru dapat dengan cepat memberikan umpan balik kepada peserta didik. Google form akan menyimpan data dalam googledrive kita secara otomatis, sehingga lebih aman. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top