KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA DALAM BAHASA INGGRIS

Print Friendly and PDF

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA DALAM BAHASA INGGRIS


Oleh: Sigit Wijanarko, S.Pd.

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Satu Atap Mijen, Kabupaten Demak Jawa Tengah 


Sigit Wijanarko, S.Pd.


       Bahasa merupakan sarana berpikir yang pertama dan mungkin yang paling utama. Tanpa bahasa, manusia tidak bisa berpikir secara rumit dan abstrak. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat mengkomunikasikan pengetahuan kepada orang lain. Bahasa merupakan serangkaian bunyi yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Sehubungan dengan penggunaan Bahasa, terdapat, empat keterampilan dasar berbahasa salah satunya yaitu keterampilan menulis, dimana menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberitahu, menyimak, atau menghibur.

       Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, agar siswa cepat memahami makna kata atau kalimat, maka perlu memperbanyak mempelajari kosakata (Vocabulary). Ada berbagai cara untuk mempelajari Vocabulary, diantaranya mempelajari kosakata yang penting, melakukan pengulangan atau repetisi. Menghafal kosakata dengan membuat kalimat, dan lain-lain.

       Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris, khususnya untuk siswa kelas VII yaitu  dengan menggunakan media Word Search Puzzle. Media ini dapat diakses melalui website https://puzzlemaker.discoveryeducation.com/. Dengan berbagai pilihan features yang disediakan, seperti word search puzzle, criss cross puzzle, double puzzle, maze puzzle, dan lain-lain. Salah satu yang menarik perhatian saya  adalah word search puzzle, dimana  selain belajar mencari kata-kata dalam Bahasa Inggris, siswa juga menjadi fresh kembali dan bisa menikmati kegiatan belajar sambil bermain kata.

       Dalam menggunakan media Word Search Puzzle terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan, meliputi Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, Guru menyajikan materi terkait dengan pembelajaran secukupnya, Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara heterogen, Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai dengan materi yang disajikan, Setiap kelompok diminta untuk mencari kata sesuai dengan kata kunci yang disampaikan.

       Terdapat beberapa kelebihan media pembelajaran Word Search Puzzle, antara lain: Pertama, Meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan menggunakan media baru yang inovatif dan menyenangkan, siswa menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

       Kedua, Membantu terciptanya suasana belajar yang kondusif. Dengan media pembelajaran Word Search Puzzle ini,  kondisi kelas menjadi terkendali dan suasana belajar pun menjadi kondusif. Dengan suasana belajar yang kondusif penyerapan materi pembelajaran menjadi baik. Hal ini tentu saja meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

       Ketiga, Memunculkan kegembiraan dalam belajar. Media pembelajaran Word Search Puzzle menimbulkan suasana yang gembira dan menyenangkan dalam belajar. Dengan media ini, pembelajaran dikemas seperti sebuah permainan kuis sehingga siswa menjadi lebih senang dan bergembira.

       Keempat, Mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif. Media pembelajaran Word Search Puzzle  ini dapat mendorong dan mengembangkan proses berpikir kritis dan kreatif. Siswa dituntut untuk berpikir bagaimana menemukan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu, siswa menjadi termotivasi untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Hal itu tentu saja berdampak positif pada hasil pembelajaran. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top