PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN MATERI KESATUAN INDONESIA DAN KARAKTERISTIK DAERAH DI SMP NEGERI 2 CANDIROTO SATU ATAP

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN MATERI KESATUAN INDONESIA DAN KARAKTERISTIK DAERAH DI SMP NEGERI 2 CANDIROTO SATU ATAP

Oleh : Slamet Wahyuningsih, S.Pd 

Guru SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap Temanggung, Jawa Tengah

Slamet Wahyuningsih, S.Pd


       Dalam setiap pembelajaran, siswa memiliki minat dan motivasi masing-masing dalam belajar. Begitu pula saat mempelajari mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) bisa dikatakan minat dan motivasi sangat rendah sebab siswa menganggap mata pelajaran PPKn tidak penting dan hanya sekedar cerita untuk dihafalkan saja. Bahkan ada yang menganggap pelajaran PPKn bukan pelajaran yang diujikan dalam ujian sekolah utama yang nilainya tidak diperhitungkan untuk mendaftar ke sekolah yang lebih tinggi. Rendahnya minat dan motivasi dalam mempelajari PPKn ini berdampak pada rendahnya pencapaian nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). 

       Padahal melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadikan peserta didik mengenal akan negaranya, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, menghormati dan menghargai sesamanya, lebih mengedapankan kewajiban dari pada hak, menumbuhkan jiwa patriotisme untuk selalu membela dan berjuang demi negaranya. Maka dari itu pembelajaran PPKn sangat penting diajarkan kepada siswa.

       Dalam materi kesatuan Indonesia dijelaskan kepada siswa agar mereka sebagai warga negara, tanpa kecuali sesuai kedudukannya masing-masing memiliki hak dan kewajiban untuk turut serta dalam upaya bela negara. Oleh karana itulah sebagai warga negara berhak dan wajib mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Menjaga persatuan dan kesatuan ini sangat penting sebab Indonesia memiliki keragaman karakteristik daerah yang berbeda-beda tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keragaman karekteristik daerah ini pada hakikatnya sebagai alat pemersatu bangsa bukan sebagai pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dalam keberagaman yaitu selalu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

       Penulis sebagai pengajar mata pelajaran PPKn tentunya mencari media pembelajaran yang cocok agar siswa memiliki minat dan termotivasi mempelajari PPKn khususnya materi Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah di SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap Temanggung. Media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva merupakan salah satu media pembelajaran yang dianggap penulis pas digunakan untuk pembelajaran diera digital saat ini.

       Media pembelajaran merupakan sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan melalui berbagai saluran, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar untuk menambah informasi baru pada diri siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hal ini sejalan dengan pendapat Daryanto (2010) bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu (baik manusia, benda, atau lingkungan sekitar) yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa pada kegiatan belajar untuk mencapai tujuan.

       Canva adalah webside dan aplikasi grafis berbasis online yang memudahkan pengguna untuk membuat tampilan visual atau grafis yang menarik. Kemudahan tersebut orang awam desain grafis pun bisa membuat desain. Canva menyediakan puluhan ribu tamplate cantik yang sudah jadi dan siap pakai yang bisa diedit oleh penggunanya kapan saja dan dari mana saja. Hanya perlu memilih tampilan atau keseluruhan sesuai keingginan tanpa perlu mendesain dari nol. Canva bisa diakses melalui website maupun melalui aplikasi. Website: https://www.canva.com dan aplikasi Canva untuk iPhone, iPad, dan Android bisa didapatkan di App Store dan Google Play Store. Dalam proses belajar mengajar pendidik cukup memasukan teks, gambar, dan memilih jenis desain grafis, template serta nomor halaman yang telah disediakan sesuai dengan keinginan.

       Setelah penulis menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran memiliki dampak signifikan terhadap minat dan motivasi siswa dalam belajar PPKn. Hal ini dilihat dari siswa sangat bersemangat dan antusias selama penyampaian materi pelajaran tentang Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah berlangsung dan siswa berharap guru selalu menggunakan aplikasi Canva dalam penyampaian materi pelajaran PPKn karena mudah dipahami dan semua siswa memiliki smartphone untuk mengakses media pembelajaran online. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top