PEMBUATAN VIDEO PRAKTIKUM FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN KIMIA LINTAS MINAT KELAS XI IPS SMAN 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PEMBUATAN VIDEO PRAKTIKUM FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN KIMIA LINTAS MINAT KELAS XI IPS SMAN 1 PRACIMANTORO

Oleh : Eni Wahyuningsih, S.Pd

Guru Mata Pelajaran Kimia SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Eni Wahyuningsih, S.Pd


       Pendidikan adalah salah satu modal utama untuk kemajuan bangsa. Kualitas pembelajaran merupakan penentu keberhasilan pendidikan. Bahan ajar, strategi pembelajaran, dan model pembelajaran merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa, penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip belajar, dan penyempurnaan kurikulum yang berlaku. Proses belajar memerlukan metode-metode khusus yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. 

       Metode pembelajaran merupakan cara-cara dalam melakukan aktivitas antara pendidik dengan peserta didik ketika berinteraksi dalam proses pembelajaran. Seorang guru perlu tahu dan mempelajari metode pengajaran agar dapat menyampaikan materi dan dimengerti dengan baik oleh peserta didik ketika berinteraksi. Teknik pembelajaran dibuat yang menarik agar peserta didik mendapat pengetahuan dengan efektif dan efisien.

       Menurut Lazarowiz dan Tamir (1994) ada lima faktor yang dapat memfasilitasi keberhasilan pembelajaran sains yang melibatkan kegiatan labratorium yaitu kurikulum, sumber dan lingkungan belajar, keefektifan mengajar dan stategi asesmen. Pengembangan lima faktor akan memberikan karateristik dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

       Pembelajaran mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Pracimantoro menerapkan metode inquiri. Karena metode ini mampu membangkitkan siswa untuk menyadari ada yang mereka dapatkan selama belajar. Sedangkan guru tetap memiliki peran penting yaitu dengan membuat design pengalaman belajar. Pembelajaran dengan metode ini banyak mengalokasikan waktunya untuk kegiatan pratik di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium, selanjutnya metode dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. 

       Pada pembelajaran Kimia pada pokok bahasan Laju Reaksi, membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Peserta didik diajak mempelajari tentang pengaruh suhu, pengarus luas permukaan, pengaruh konsentrasi dan pengaruh katalisator pada laju reaksi. Dalam pratikum tersebut dimulai dengan siswa melakukan persiapan. Persiapan tersebut dimulai dengan menentukan tempat duduknya di laboratorium, waktu, alat dan bahan. Selama pratikum setiap kelompok diminta untuk mendokumentasi dan membuat laporan pratikum, dokumentasi dilakukan dengan membuat video pratikum. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk melakukan presentasi pada tiap kelompok. Dan guru meminta untuk kelompok yang lain untuk bertanya sehingga terjadi diskusi tanya jawab. Setelah itu guru membuat suatu kesimpulan. Kemudian peserta didik untuk mempelajari kegiatan tersebut melalui video yang mereka buat, kemudian guru melakukan evaluasi. Ternyata dengan menggunakan teknik ini hasil pembelajaran cukup memuaskan dilihat dari nilai hasil evaluasi.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top