Inisiasi Penanaman Pohon Bodhi, Kalpataru dan Kuntobimo di Watugambir, Desa Karang, Karanganyar Sebagai Laboratorium Sosial Perfilman ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Penanaman Pohon Bodhi, Kalpataru dan Kuntobimo di Watugambir, Desa Karang, Karanganyar sebagai Laboratorium Sosial Perfilman ISI Surakarta.

Inisiasi Penanaman Pohon Bodhi, Kalpataru dan Kuntobimo di Watugambir, Desa Karang, Karanganyar Sebagai Laboratorium Sosial Perfilman ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Berawal pada tahun 2021 disepakati sebuah kerjasama pengembangan Laboratorium Sosial Perfilman sebagai penguat Rintisan Desa Wisata Perfilman, antara ISI Surakarta dan Desa Karang. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara ISI Surakarta dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam hal pengembangan seni budaya di Kabupaten Karanganyar. Adapun Watugambir merupakan wahana wisata tematik perfilman yang dipersiapkan sebagai ikon dari Desa Wisata Perfilman. 

Bentuk kegiatan yang telah terealisasi dalam kerjasama tersebut adalah dilaksanakannya kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berupa kegiatan praktek kerja lapangan membangun desa, dimana 24 mahasiswa dari ISI Surakarta selama 5 bulan berkegiatan di Desa Karang, memproduksi film bersama masyarakat dan melaksanakan kegiatan perfilman berupa festival film,  yang bertajuk Karang Film Festival pada 19 November 2021, bertepatan dengan hari jadi Karanganyar ke-104. Kegiatan tersebut dibuka oleh Drs. Juliyatmono selaku Bupati Karanganyar dan ditutup oleh Slamet Raharjo Jarot sebagai sineas kawakan Indonesia. 

Selain itu dalam rangka peresmian Gedung Teater Kabupaten Karanganyar yang dibuka oleh Bupati Karanganyar dan Slamet Raharjo Jarot ini, juga akan dilakukan penanaman pohon secara bersama dimana seremonial oleh Slamet Raharjo Jarot dan Pemkab Karanganyar yang diwakili oleh Asisten Bidang II Kab. Karanganyar,  Drs. Titis Sri Jawata, serta Rektor ISI Surakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Sugeng Nugroho, S.Kar, M.Hum di area Watugambir. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat Dekanat FSRD ISI Surakarta dan wakil pimpinan perangkat desa dan kabupaten di lingkup Karanganyar. 

Tiga pohon yang akan ditanam adalah pohon Bodhi yang melambangkan perlindungan, sakral,dan simbol religius, keberagaman, dan dalam lingkungan termasuk jenis pohon yang memiliki daya resap tinggi terhadap gas carbon utk dirubah menjadi oksigen. 

Pohon Kalpataru yang melambangkan kehidupan bagi semua mahkluk, semangat utk bersatu, pohon yang memberikan harapan kehidupan, dan pohon Kuntobimo yang melambangkan simbul kekuatan prinsip utk mencapai tujuan mulia, pohon Kuntobimo banyak memberikan manfaat sebagai obat herbal. 

Menurut Sri Wastiwi Setyawati, S.Sn, M.Sn selaku Wakil Dekan I FSRD ISI Surakarta menjelaskan bahwa melalui kegiatan penanaman ketiga pohon  dapat menjadi simbol kesatuan antara pemerintah, akademisi dan profesional perfilman dalam menghidupi desa dan menghidupi perfilman Indonesia. (Sofyan)


Baca juga: Tingkatkan Kualitas Guru SD Muh PK Kottabarat Gelar Workshop PTK


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top