PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN

Oleh: Sulistyo

SD Negeri 2 Pulutan Kulon, Wuryantoro, Wonogiri Jawa Tengah


Sulistyo


       Pendidikan dalam era modern semakin bergantung pada kualitas. Antisipasi dari para guru untuk menggunakan berbagai sumber yang tersedia, mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa untuk mempersiapkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan cara berfikir siswa yang kritis dan kreatif. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

       Pada era globalisasi saat ini pendidikan merupakan peranan penting yang strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Di dalam kehidupan manusia pendidikan sangat berpengaruh dan memiliki faktor-faktor penting yang mendasar untuk berorientasi ke masa depan. Melalui pendidikan yang ideal akan terciptanya generasi-generasi muda penerus bangsa yang mempunyai wawasan luas untuk memberikan pengembangan serta kemajuan bagi bangsa. Pendidikan saat ini memiliki pencakupan yang sangat meluas bagi bangsa Indonesia demi mewujudkan kesejahteraan bersama serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi bangsa indonesia. Pendidikan memang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama untuk anak-anak yang nantinya akan menciptakan generasi yang sangat berkualitas untuk mengalami suatu perubahan-perubahan dalam perkembangan yang akan mendatang.

       Pendidikan pertama dimulai dari sejak dini yaitu pendidikan anak usia dini, Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dimulai dari usia 0-6 tahun. Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam memberikan rangsangan untuk pertumbuhan serta perkembangan anak dalam meningkatkan segala aspek-aspek dan potensi yang ada didalam diri anak untuk memiliki kesiapan pada saat memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Lilawati (2020) menyatakan bahwa anak akan mendapatkan pendidikan dalam melakukan suatu proses perkembangan untuk menambah peningkatan kreativitas anak. Pendidikan anak usia dini yang pertama dilaksanakan untuk memulai anak berinteraksi dengan keadaan serta lingkungan yang ada di sekitarnya dan mendidik anak dalam proses pembelajaran agar anak memiliki kualitas pendidikan yang bagus.

       Kemajuan pendidikan dapat dilihat dari kemampuan dan kemauan dari masyarakat untuk menangkap proses informasi dan kemajuan teknologi. Proses informasi yang cepat karena kemajuan teknologi semakin membuat kehidupan di dunia semakin meluas dan sekaligus semakin menyempit. Hal ini berarti sebagai masalah kehidupan manusia menjadi masalah global atau setidak-tidaknya tidak dapat dilepaskan dari kejadian dibelahan bumi yang lain, baik masalah politik, ekonomi maupun sosial.

       Salah satu komponen penting yang dapat menentukan kualitas pendidikan adalah guru. UU RI No 19 tahun 2005, tentang guru dan dosen bab 1 pasal 1 ayat 1 menegaskan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pemusatan perhatian dalam proses pembelajaran sangat diperlukan.

       Kehadiran minat belajar dalam pribadi merangsang motivasi untuk belajar yang lebih besar. Minat merupakan kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat peserta didik merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan siswa, bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat peserta didik, peserta didik tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu guru hendaknya berusaha bagaimana caranya untuk menciptakan kondisi tertentu agar peserta didik selalu merasa butuh dan ingin terus belajar.dengan cara menjelaskan hal-hal yang menarik, salah satunya adalah dengan menggunakan metode mengajar yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar.

       Agar proses pembelajaran di kelas dapat dikatakan berhasil, maka seorang guru dalam menyikapi permasalahan tersebut harus mempunyai suatu tindakan yang dapat merangsang minat belajar siswa, selain itu seorang guru harus mempunyai kreativitas dalam memilih metode pembelajaran. Ketepatan dalam pemilihan metode pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dan dapat menerapkan teori yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. 

       Bentuk nyata yang perlu diajarkan dalam mendidik dan membimbing dari hal kecil ialah disiplin belajar, perlunya pola asuh dari orang tua untuk mendidik anak dalam mendisiplinkan waktu belajarnya. Disiplin belajar akan membentuk sifat anak untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam belajarnya. Kurniasari (2015) menyatakan bahwa disiplin adalah sikap untuk membuat suatu kebiasaan yang tidak diperintah agar tetap dijalankan sehingga anak akan terus mengikut kebiasaan yang sudah menjadi kewajibannya untuk menjalankannya. Dengan adanya disiplin belajar untuk anak dapat mendidik dan melaksanakan kewajiban yang harus dijalankan serta adanya perubahan belajar untuk anak dari hal kecil hingga hal terbesar agar kewajiban anak sebagai pelajar dapat dijalankan dengan benar demi mencapai tujuan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top