PEMANFAATAN CBT TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KETENTUAN UUD 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN CBT TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KETENTUAN UUD 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA 

Oleh : Suheti Priyani, S.Pd

Guru Mapel PPKn SMAN 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Suheti Priyani, S.Pd


       Menurunya angka kasus Covid-19 secara nasional menyebabkan pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek  menerapkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang dimulai pada tanggal 15 November 2021, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemerintah meminta semua pihak ikut mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas karena sangat penting dan mendesak agar siswa terhindar dari penurunan pencapaian pembelajaran, learning loss. Untuk mengatasi penurunan pencapaian pembelajaran diperlukan metode dan media yang menunjang dalam kegiatan pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa semakin meningkat yang tentunya secara langsung akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi baik dari penilaian harian, tugas-tugas, penilaian akhir semester. Evaluasi terhadap hasil belajar siswa membutuhkan instrumen yang dijadikan sebagai alat ukur dalam mengumpulkan data hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. 

       Kegiatan untuk mengukur pencapaian keberhasilan belajar siswa di SMA Negeri 1 Pracimantoro dilaksanakan antara lain dengan pemanfaatan Computer Based Test yang menggunakan platform CBT milik sekolah. Menurut pendapat Bull dan Mckenna (2004) Computer Based Test adalah penggunaan komputer dalam tes dan penilaian hasil belajar siswa. Computer Based Test merupakan tes yang dikerjakan dengan menggunakan computer yang terhubung dengan internet dan bisa juga dengan smartphone yang dimiliki oleh siswa sehingga tidak memerlukan kertas, pena maupun pensil untuk menjawab pertanyaannya. Semua soal tertulis dan lembar jawabannya juga disediakan dikomputer atau smartphone sehingga kita hanya tinggal mengklik jawaban yang benar maupun salah atau tinggal mengetik untuk menjawab pertanyaan esay. 

       CBT merupakan sarana pelaksanaan tes hasil belajar dimana siswa dapat membentuk pemahamannya, bahwa pelaksanaan tes tidak hanya berpatokan pada pencapaian angka dari sebuah tes, melainkan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan belajar yang telah dicapai oleh siswa. Menurut pendapat Rahmlow & Woodley (1979) menyebutkan ada tiga fungsi tes dalam pendidikan yaitu: (1) sebagai alat untuk pengambilan keputusan, (2) sebagai fasilitator pembelajaran, (3) sebagai alat untuk meningkatkan motivasi. Sebagai alat pengambilan keputusan, tes berperan sebagai alat untuk  menentukan siapa yang dapat dan siapa yang tidak dapat menunjukkan atau menampilkan kualitas pembelajaran terhadap suatu objek  dengan  baik.  Peranan tes  sebagai fasilitator pembelajaran artinya sebagai siswa, perlu menyadari dengan baik nilai atau manfaat dari pembelajaran dalam hubungannya dengan sebuah situasi tes. Sedangkan peranan tes sebagai alat untuk meningkatkan motivasi siswa artinya bahwa siswa yang termotivasi akan meningkatkan frekuensi belajarnya.

       Berikut ini langkah-langkah pembuatan soal tes dengan memanfaatan Computer Based Test di SMA Negeri 1 Pracimantoro antara lain : 1) Membuka google chrome, kemudian masuk pada alamat web kurikulum sekolah dengan halaman login untuk guru, kemudian memasukkan ussername dan password masing-masing guru, 2) Memilih menu soal untuk pembuatan soal dengan diawali pengaturan tentang kode soal, mata pelajaran, kelas, waktu/durasi mengerjakan soal, skor soal baik pilihan ganda maupun uraian, KKM, pengacakan soal, pengacakan pilihan jawaban kemudian klik submit, 3) Setelah master soalnya dibuat kemudian menjadwalkan waktu pelaksanaan testnya, 4) Selanjutnya siswa dapat mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dengan membuka google chrome, kemudian masuk pada alamat web kurikulum sekolah dengan halaman login untuk siswa, kemudian memasukkan ussername dan password masing-masing siswa. 

       Dampak positif pemanfaatan CBT antara lain: mendorong penyesuaian diri dengan perkembangan teknologi, hemat biaya atau anggaran, hemat waktu, ramah lingkungan, hasil tes dapat diketahui secara langsung baik oleh siswa maupun guru, ada grading otomatis untuk guru (analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel berupa laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar salahnya, serta prosentase pencapaian nilai untuk seluruh siswa).

        Dengan CBT siswa akan benar-benar belajar agar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Di samping itu siswa dapat mengetahui secara langsung hasil tesnya sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar sehingga hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1, 2, 3 SMA Negeri 1 Pracimantoro pada mata pelajaran PPKn K.D 3.2 Menelaah ketentuan Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar penilaian harian bersama (PHB) kelas X MIPA 1, 2, 3 semester gasal tahun 2021/2022 yaitu 86.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top