PG Paud Unisri Gelar Workshop dengan dengan Media Loose Part

Print Friendly and PDF

Workshop Pendekatan STEAM dengan Media Loose Part.


PG Paud Unisri Gelar Workshop dengan dengan Media Loose Part 

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 94 peserta guru paud yang bergabung dalam Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) mengikuti kegiatan Workshop Pendekatan STEAM dengan Media Loose Part.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara FKIP PG-PAUD Unisri dengan HIMPAUDI Kota Surakarta Khususnya HIMPAUDI wilayah Kecamatan Banjarsari, bertempat di Auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, (26-27/11/2021). 

Menurut ketua pelaksana, Sari Pitria “workshop ini mengandeng dua narasumber berkompeten dibidangnya dari Himpaudi Provinsi Jawa tengah yaitu Ellysa Aditya Surya dan Syukur Rachmawati.

Dalam kegiatan ini peserta diajak untuk merubah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan bermain bermuatan STEAM dengan material Loose Part yang memuat unsur 7 komponen dasar antara lain melatih anak untuk dapat bermain sesuai dengan keinginanya dan menerapkan kegiatan merdeka bermain, guru dapat mengunakan kegiatan bermain ini dengan merubah pola pikir guru sehingga pembelajaran tidak harus mengunakan lembar kerja,  membuat invitasi, praktek merancang kegiatan bermain, mengenal peta konsep dalam kegiatan bermain dengan muatan STEAM dengan media loose part, menentukan topik yang menarik, serta evaluasinya.

Acara dibuka Oleh Dekan FKIP Unisri, Dra Sri Hartini, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan penting nya pendidikan PAUD sebagai pondasi bangsa, beliau mengambaran tentang pendidikan karakter anak di negara jepang melalui video, dengan harapan kegiatan tersebut dapat memberikan wawasan tentang kegiatan pengembangan pembelajaran di lembaga paud yang seseuai dengan esensi bermain sambil belajar sehingga kedepan kegiatan seruapa dapat di selenggarakan kembali.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU kerjasama antara Unisri dengan Himpaudi Kota Surakarta. "Kami berharap dengan adanya kerjasama ini semakin erat hubungan antara Unisri terutama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan guru pendidikan anak usia Dini (PG-PAUD) bersama untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini serta bersinergi bersama dengan mengangandeng antara Mahasiswa, Alumni dan Dosen terlibat dalam suatu kegiatan menjalin kebersamaan," pungkasnya. (Sofyan)


Baca juga: Nanda Ika dan Reza Dafa Dinobatkan sebagai Duta Kampus Unisri


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top