PENGGUNAAN GOOGLE MEET DALAM PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN GOOGLE MEET DALAM PENDIDIKAN

Oleh : Ratna Ariyanti, S.Pd

Guru SD Negeri 2 Banjarsari, Kradenan, Grobogan Jawa Tengah


Ratna Ariyanti, S.Pd


Apa yang anda pikirkan ketika mendengar “Pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau dirumah"? Ya, beberapa orang langsung memikirkan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya yaitu Google Meet. Google meet merupakan sebuah aplikasi video conference atau bisa juga disebut sebagai meeting online. Google Meet merupakan salah satu produk buatan Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi Google Meet merupakan salah satu dari dua aplikasi dengan versi terbaru yang mana versi sebelumnya adalah Google Chat dan Google Hangouts. 

       Pada bulan Oktober tahun 2019 lalu, pihak Google sudah memberhentikan versi klasik dari Google Hangouts. Pada bulan Februari tahun 2017 lalu, Google Meet dirilis hanya untuk pengguna iOS yang dilakukan secara diam-diam. Namun, pada bulan berikutnya pihak Google secara resmi meluncurkan aplikasi Google Meet. Layanan komunikasi yang digunakan sebagai aplikasi konferensi video dapat ditonton sampai 30 peserta.  Berikut ada beberapa kelebihan Aplikasi dari Google Meet yaitu sebagai berikut: 

Pertama, Adanya Fitur WhiteBoard

       Kelebihan pertama dari Google Meet adalah adanya fitur White board. Dimana Peserta Didik bisa membuat tulisan dan kata-kata dalam fitur white board tersebut. Sekarang white board lebih sering digunakan dalam hal pendidikan dan saat menerangkan. Kelebihan white board ini bisa digunakan untuk sarana penjelasan berupa gambar atau angka. Yang sulit dijelaskan dengan menggunakan lisan. Maka Google Meet memudahkan para penggunannya. 

Kedua, Tersedia Gratis

       Sekarang Google Meet memberikan kebebasan untuk menginstall aplikasi ini.Sudah tersedia secara gratis dan bisa di unduh di Playstore atau app store bagi pengguna ios. Google Meet ingin membuktikan bahwa layanannya lebih bagus dibanding dengan video conference yang lain. 

Ketiga, Tampilan video yang HD dan suport resolusi lain

       Kelebihan Google Meet ketiga adalah tampilan yang disedikan sudah HD (High Definition) dan juga bisa menyediakan resolusi yang terdapat pada smartphone. Sehingga tampilan menjadi lebih jernih. 

       Sejak adanya pandemi covid-19 ini mulai meningkat, sekolah atau universitas tidak lagi melakukan aktivitas seperti biasa, karena pemerintah memberlakukan sistem di rumah saja, salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan teknologi jaringan dan informasi bagi sistem pembelajaran seperti dengan mengguanakan aplikasi zoom meeting, google meet dan masih banyak jenis aplikasi virtual meet lainnya. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan mampu digunakan untuk menjadi penunjang didalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh.

       Seperti yang kita tahu bahwa di dalam pendidikan itu ada pembelajaran. Pembelajaran ini bisa diartikan sebagai terjadinya pola interaksi antara guru dan siswa berupa tatap muka atau langsung dan sumber-sumber belajar dari lingkungan belajar.

       Istilah pembelajaran merupakan istilah baru yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan guru dan siswa. Istilah pembelajaran berawal dari kata instruksi atau rancangan. pembelajaran juga bisa di artikan sebagai kegiatan yang sudah di rancang dengan sengaja untuk menciptakan proses belajar mengajar yang terarah agar mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah bantuan dari para pendidik kepada peserta didik agar menjadi manusia yang cerdas dalam arti cerdas yang bisa memecahkan sebuah masalah dan cerdas dalam menilai suatu buruk dan baiknya dari sebuah kehidupan dan lain-lain tidak hanya unsur kognitif saja yang di bantu tetapi juga aspek psikomotorik dan afektif yaitu kreatifitas agar anak bisa menciptakan suatu keterampilan yang datang dari imajinasi otak pada anak, kemudian menjadi pribadi yang tanggap atau aktif dan terciptanya sebuah akhlak yang baik. dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses membantu siswa agar bisa belajar lebih baik dan terarah. Pada dasarnya pembelajaran ini bukanlah sekedar dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik ataupun terciptanya interaksi antara pendidik dan didik, tetapi juga bisa mengasah guru dalam keterampilan mengajarnya serta mengatur situasi yang efesien. Oleh karena itu guru harus bisa melakukan pendekatan individual maupun kelompok dan menciptakan kegiatan pembelajaran dengan situasi yang aktif pada aspek kognitif, psikomotorik dan efektif siswa dan membangkitkan minat siswa dalam belajar pengertian metode adalah cara teratur agar pelaksanaan suatu kegiatan nantinya bisa sesuai dan tercapai dengan apa yang di hendaki oleh manusia. Dalam pengertian lainnya, Metode juga merupakan sesuatu pelaksanaan yang cara kerjanya bersistem yang dirancang untuk memudahkan suatu kegiatan yang guna bisa mencapai tujuan yang di inginkan.

       Hal ini juga menjadi tantangan bagi pendidik untuk mampu memberikan pengajaran yang sebaik mungkin kepada peserta didik dengan pengimplemetasian teknologi informasi dalam proses pembelajarannya.

       Pendidikan di abad 21 saat ini mengalami dampak yang sangat besar akibat perkembangan teknologi informasi, untuk menyikapi hal tersebut hal yang harus dilakukan adalah mengikuti perkembangan zaman yang ada dan memaksimalkan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki, agar mampu berkembang sesuai perkembangan zaman. Langkah awal untuk memaksimalkan pengembangan kemampuan serta kreativitas yang dimiliki setiap individu adalah melalui dunia pendidikan, dimana dengan proses pendidikan semua aspek yang dimiliki seseorang akan dapat diolah dan dimaksimalkan sesuai perkembangan yang ada.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top