PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PPKN DI SMA ISLAM AL AZHAR 7 SOLO BARU

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PPKN DI SMA ISLAM AL AZHAR 7 SOLO BARU


Oleh: Enik Purwantiningsih

Guru Mata Pelajaran PPKn SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru, Sukoharjo Jawa Tengah

Enik Purwantiningsih


      Virus Covid-19 telah menyebar ke seluruh wilayah yang ada di dunia, mulai dari negara asal yaitu Cina yang pertama kali melaporkan mengenai adanya virus tersebut. Covid – 19 dapat menyerang negara mana saja, baik yang beriklim dingin ataupun yang beriklim tropis, dapat menyerang masyarakat yang berusia lanjut maupun berusia balita. Indonesia tidak luput dari wilayah yang terdampak persebaran dari virus Covid – 19 tersebut. Virus corona yang dicatat pertama kali mulai masuk di Indonesia sekitar awal bulan maret 2020, dengan adanya warga negara Indonesia yang terkonfirmasi positif tersebut mematahkan pendapat bahwa “Warga Negara Indonesia kebal dari berbagai virus”.

      Virus yang masuk ke Indonesia sejak awal bulan Maret 2020 tersebut ternyata membawa dampak yang sangat luar biasa bagi negara-negara yang ada diseluruh dunia. Sektor-sektor perekonomian mulai lumpuh, fasilitas kesehatan yang membludak karena banyaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja, usaha-usaha besar yang sudah memiliki nama terkenalpun tak luput dari dampak virus tersebut, pembatasan aktivitas masyarakat sangat berpengaruh terhadap eksistensi perekonomian dunia. Selain kesehatan dan perekonomian ada bidang lain yang terdampak dari virus tersebut. Pendidikan juga sangat terdampak akibat adanya virus yang melanda, sekolah-sekolah serta universitas mulai ditutup, sehingga menyebabkan para siswa dan mahasiswa harus belajar dengan sistem yang baru yaitu dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

      Program pembelajaran jarak jauh ini menimbulkan dampak pembelajaran di SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

      Pembelajaran jarak jauh ini merupakan hal yang baru bagi tatanan pendidikan di Indonesia dan khususnya di SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru. Guru beserta murid mau tidak mau dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini harus lebih banyak belajar atau melek teknologi. Dulu belum mengenal yang dinamakan dengan zoom, google meet, classroom ataupun yang lainnya. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh sekarang semuanya baik guru atau murid bisa memahami akan penggunaan aplikasi tersebut.  Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh diperlukan inovasi-inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran saat PJJ. Salah satu terobosan agar siswa tidak mengalami kejenuhan saat mengikuti PJJ di SMA Islam Al Azhar Solo Baru adalah guru membuat video sesuai dengan kompetensi dasar masing-masing, pada setiap tri semester awal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, yang mana video pembelajaran tersebut di unggah dalam youtube sekolah.

      Manfaat dari pembuatan video pembelajaran ini selain dapat digunakan untuk media pembelajaran, juga akan membuat penyampaian materi pembelajaran lebih menarik, selain itu siswa dapat melihat materi yang termuat dalam video pembelajaran tersebut secara berulang-ulang dimana saja dan kapan saja. Selain memberikan manfaat bagi siswa, video pembelajaran juga membawa manfaat bagi guru yaitu membawa kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan efisien.

      Penggunaan video pembelajaran ini dirasa dapat meningkatkan antusias siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru dalam belajar karena sifatnya lebih menarik dan dapat diberi animasi-animasi yang menarik sehingga dalam mempelajari materi pembelajaran akan lebih menyenangkan.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top