Workshop Publish or Perish, Jalan Mudah Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Membuat Skripsi

Print Friendly and PDF

Drs. Joko Suryono, M.Si saat memaparkan materi penggunaan software Publish or Perish.

 Workshop Publish or Perish, Jalan Mudah Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Membuat Skripsi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Workshop Publish or Perish yang diikuti mahasiswa semester 6. Bertempat di Gedung D lantai 2 FISIP Univet. Rabu (9/6/2021).

Workshop yang dilaksanakan secara offline atau luring ini menghadirkan narasumber Drs. Joko Suryono, M.Si (Dosen/ Dekan FISIP Univet Bantara) dan Haryanto, S.Sos, M.I.kom (Dosen/ Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet).

Narasumber workshop, Drs. Joko Suryono, M.Si saat ditemui di sela-sela acara menyampaikan tujuan dari Workshop Publish or Perish untuk mempermudah mahasiswa mencari referensi sesuai dengan topik yang diinginkan berkaitan dengan karya ilmiah yang akan dibuat.


Baca juga: Effy Indratmo Gelar Pameran Tunggal Seni Patung "GALUR" 

"Workshop ini akan mempermudah mahasiswa dalam menciptakan atau membuat karya ilmiah skripsi. Tujuan utama kita adalah menargetkan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi lulus tepat waktu di semester delapan,"  tuturnya.

Terkait penggunaan software Publish or Perish, Joko Suryono menjelaskan jika ini saat memiliki topik tertentu misalnya  topik advertising dengan software ini tinggal ketik saja advertising. Kita menuju ke scopus lalu di scopus pada Publish or Perish akan muncul tahun referensi lima tahun ke belakang. Muncul ratusan sampai dua ratusan artikel ilmiah sesuai topik advertising.

"Artikel karya ilmiah yang sudah ada di Publish or Perish ini kita simpan terkoneksi dengan otomatisasi referensi mendeley akan masuk di mendeley dijadikan referensi mempermudah mahasiswa untuk mensitasi sebuah ide dari tulisan artikel karya ilmiah itu," paparnya.

Lebih lanjut  Joko Suryono menerangkan melalui Publish or Perish ini bisa menentukan celah topik penelitian yang belum banyak diteliti orang lain.


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Siap Kolaborasi dengan Enuma

"Kalau celah penelitian yang belum banyak diteliti oleh orang lain akan memudahkan kita untuk memperoleh kebaruan penelitian," katanya.

Sementara itu, Haryanto, S.Sos, M.I.kom menuturkan workhop ini diikuti mahasiswa semester 6 kelas reguler pagi dan reguler sore yang menempuh matakuliah metodologi penelitian dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Sift pagi untuk kelas 6A pukul 09.00-12.00 WIB. Sift siang kelas 6B dan reguler sore pukul 13.00-16.00 WIB secara offline luring," tuturnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian dosen pembimbing skripsi dan ketua penguji skripsi untuk mempermudah mahasiswa menyelesaikan skripsi tepat waktu. (Sofyan)


Baca juga: 15 Siswa Kelas 9 SMP Veteran 1 Manyaran Ikuti Wisuda dan Pelepasan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top