FAKTOR-FAKTOR MAJUNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Print Friendly and PDF

FAKTOR-FAKTOR MAJUNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh : Fidiastuti, S.Pd.SD

Guru SD Negeri 1 Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri Jawa Tengah

Fidiastuti, S.Pd.SD


       Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang di turunkan dari generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan yang tinggi sangat penting untuk bagi negara untuk dapat mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pendidikan di Indonesia adalah seluruh Pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia yang menjadi tanggung jawab   Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (Kemdikbud).

       Pendidikan merupakan hal yang penting untuk kehidupan kita, karena pendidikan bisa memberikan kita pengetahuan, membangun karakter, memberikan pencerahan, membantu kemajuan bangsa. Akan tetapi, banyak masyarakat yang tidak mengerti betapa penting nya pendidikan di Indonesia. Masih ada masyarakat yang berpikir lebih baik bekerja dari pada sekolah karena jika bekerja mereka mendapatkan uang, namun jika sekolah mereka hanya buang-buang uang saja. Nah pola pikir yang seperti ini yang menjadi masalah pendidikan di Indonesia saat ini. Akan tetapi, bukan hal itu saja yang membuat lambat nya kemajuan Pendidikan di Indonesia ada faktor-faktor lain juga.

       Faktor penghambat majunya Pendidikan di Indonesia

1. Luas Wilayah Indonesia. Karena luas nya wilayah Indonesia sehingga banyak daerah terpencil sulit untuk mendapatkan akses pendidikan.seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, kemudian transportasi untuk ke sekolah masih minim sehingga banyak siswa harus berjalan kaki berkilo-kilo meter untuk sampai ke sekolah. 

2. Pemerataan Pendidikan di Indonesia masih kurang. Meskipun pemerintah sudah melakukan program pemerataan pendidikan, akan tetapi masih saja kesenjangan itu belum bisa di atasi. Banyak rakyat kecil yang tidak bisa sekolah, karena program sekolah gratis itu masih hanya bualan saja tetap saja harus memakai uang. 

3. Sifat Malas. Meskipun tidak semua pelajar di Indonesia yang mempunyai rasa malas, tetapi mayoritas pelajar di Indonesia mempunyai penyakit malas. Mereka tidak berfikir bahwa masa depan bangsa Indonesia berada di tangan mereka. Mungkin karena lama nya faktor jam belajar di Indonesia yang membuat siswa menjadi malas. 

4. Sistem Pendidikan. Sistem Pendidikan kita masih berupa pemaksaan. Seluruh siswa diharuskan menguasai dan memperoleh nilai yang tinggi di semua mata pelajaran, jika tidak memperoleh nya maka tidak akan naik kelas. Hal ini yang membuat siswa menjadi stres atau drop out karena malu tidak naik kelas, padahal semua siswa mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

5. Masih Menggunakan Metode Belajar Duduk Diam Catat lalu di Hapal. Hampir semua yang kita pelajari menggunakan sistem yang seperti itu, sehingga membuat siswa hanya berpatokan dengan hapalan. Hal ini yang membuat siswa tidak paham mengapa kita harus mempelajari hal ini, seharusnya Indonesia tidak menggunakan metode ini. Akan tetapi di ajarkan untuk mengetahui kenapa kita harus mempelajari pelajaran ini. 

6. Rendahnya Kualitas Guru. Mungkin rendahnya kualitas guru di Indonesia terjadi karena banyak faktor. Jika di sekolah swasta mungkin ada guru yang mengajar bukan di bidang nya, membuat guru itu tidak akan memiliki gairah untuk mengajar lalu tidak memiliki dasar pendidikan yang mempuni. Selain itu, upah gaji guru honorer yang kecil mungkin salah satu faktor rendah nya kualitas guru di Indonesia karena upah guru honorer sangat jauh dari harapan. 

       Dengan demikian dari faktor penghambat majunya Pendidikan di Indonesia semoga pemerintah yang berkewajiban segera menemukan solusinya sehingga Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik untuk ke depannya.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top