MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUCAPLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS VIII B SMP ISLAM AL HADI

Print Friendly and PDF

MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUCAPLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS VIII B SMP ISLAM AL HADI


Oleh: Budiyanto, Arin Arianti, Atika Hernian Asri

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo


Budiyanto


       Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi antar negara, dan sebagai keterampilan yang diperlukan di dunia kerja global. Oleh karena itu, penguasaan Bahasa Inggris menjadi suatu keharusan, terutama bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang berada dalam tahap pembelajaran yang krusial.

      Siswa kelas VIII B SMP Islam Al Hadi dihadapkan pada tugas untuk menguasai kosakata Bahasa Inggris sebagai bagian integral dari kemampuan berbahasa mereka. Namun, tantangan dalam pembelajaran kosakata seringkali dihadapi oleh siswa karena metode pembelajaran yang konvensional kurang memotivasi dan kurang menarik bagi mereka.

      Menurut Wardah (2022: 2) para siswa seharusnya memperbanyak penguasaan kosakata bahasa inggris yang telah dimiliki dengan cara menggunakan dalam berkomunikasi sesering mungkin setiap hari dirumah atau disekolah, mengingat saat ini merupakan era globalisasi yang mana hampir semua informasi menggunakan bahasa inggris maka siswa dituntut dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Di samping hal tersebut, guru menyadari bahwa teknik pembelajaran yang dilaksanakan selama ini cenderung kurang menarik perhatian siswa dan monoton seperti metode ceramah dan tanya jawab.

      Dalam upaya meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa, penelitian ini memfokuskan pada penerapan media game Educaplay sebagai pendekatan yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran. EducaPlay merupakan platform pembelajaran berbasis game yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran melalui pendekatan yang menyenangkan.

        Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran berbasis filosofi konstruktivisme, di mana peserta didik sejak awal dihadapkan pada suatu masalah, kemudian diikuti oleh proses pencarian informasi yang bersifat student centered. Di dalam PBL, dikenal adanya conceptual fog yang bersifat umum, mencakup kombinasi antara metode pendidikan dan filosofi kurikulum. Pada aspek filosofi, PBL dipusatkan pada peserta didik yang dihadapkan pada suatu masalah. Sementara pada subject based learning, bermakna bahwa sebelum menggunakan masalah sebagai dasar untuk pembelajaran, guru dapat memberi ilustrasi pengetahuan tadi. PBL bertujuan agar peserta didik mampu memperoleh dan membentuk pengetahuan secara efisien, kontekstual, dan terintegrasi di kutip dari Rahmawati (2021: 1)

       Seperti yang dikatakan Romlah Syd (2022: 1) Educaplay adalah aplikasi yang menarik untuk membuat kuis berbasis permainan edukatif yang dapat dilaksanakan secara moda daring. Sehingga sangat aplikatif dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi, implementasi permainan edukatif dengan educaplay adalah sebagai daya dukung lingkungan belajar yang sesuai dengan peserta didik saat ini disebut sebagai generasi digital native.

       Penelitian ini diinisiasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Islam Al Hadi dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang efektif. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di kelas VIII B SMP Islam Al Hadi. Pendahuluan ini memberikan latar belakang mengenai konteks penelitian, memberikan pemahaman mengenai kebutuhan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan memperkenalkan media game EducaPlay sebagai alternatif yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VIII B SMP Islam Al Hadi.

      Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al Hadi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Objek penelitian adalah hasil belajar bahasa Inggris. Data hasil belajar bahasa Inggris dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dinyatakan berhasil bila memenuhi kriteria keberhasilan sebagai berikut: (1) nilai rerata hasil belajar bahasa Inggris minimal sebesar nilai KKM=75 dan (2) ketuntasan siswa secara klasikan minimal mencapai 85%.

       Berdasarkan hasil penelitian dengan media EducaPlay siswa berpartisipasi lebih aktif, dapat mengingat dan mengembangkan penguasaan kosakata, siswa terlibat dalam berdiskusi selama pembelajaran dan terlibat untuk belajar dengan teman sebaya atau teman satu kelas, nilai dari setiap indikator meningkat, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan seperti: mengartikan kata, menuliskan kata, mengucapkan kata dengan tepat serta pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa menjadi semangat dan berminat untuk belajar. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Budiyanto dengan judul “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Problem Based Learning Dengan Penggunaan Media Game Educaplay Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VIII B SMP Islam Al Hadi” hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game EducaPlay dapat meningkatkan kosakata.

       Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan media game EducaPlay dapat meningkatkan ketrampilan menulis (Writing Skill) siswa kelas VIII B SMP Al Hadi. Hal ini dibuktikan sebagai berikut. Adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap tahapan, yaitu pratindakan 12 (38%), Siklus pertama 20 (63%) dan Siklus kedua 30 (94%) siswa yang tuntas. Adanya peningkatan nilai rerata ketrampilan menulis (Writing Skill) siswa dalam setiap tahapan, yaitu pratindakan 62, Siklus pertama adalah 72 dan Siklus kedua adalah 82.  


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top