Tim Dosen FISH Univet Bantara Laksanakan PMKBI Berupa Pelatihan Content Creator Siswa di SMA Negeri 1 Gondangrejo

Print Friendly and PDF

 

Siswa SMA Negeri 1 Gondangrejo saat mengikuti Pelatihan Content Creator yang disampaikan oleh Tim Dosen FISH Univet Bantara Sukoharjo.


Tim Dosen FISH Univet Bantara Laksanakan PMKBI Berupa Pelatihan Content Creator Siswa di SMA Negeri 1 Gondangrejo

Sukoharjo- majalahlarise.com Tim Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yaitu Dr. Drs. Yoto Widodo (Ketua), Dr. Betty Gama, M.Si (Anggota), Henny Sri Kusumawati, S.Sos (Anggota) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Bidang Ilmu (PMKBI) berupa Pelatihan Content Creator untuk siswa di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Kamis (15/2/2024).

Ketua Tim Dosen, Dr. Drs. Yoto Widodo, M.Si menyampaikan tujuan dilaksanakan pengabdian adalah untuk memberikan pengetahuan dan praktikum pembuatan Content creator kepada pengurus OSIS. Sehingga mereka mengetahui bagaimana membuat Content creator yang baik dan berkualitas. Metode yang akan digunakan ceramah di depan klas dan praktikum dalam bentuk workshop.  

"Kontribusi yang diberikan paling tidak sebagai upaya memberikan pengetahuan, motivasi dan keterampilan praktis tentang Content Creator, untuk mengembangkan potensi diri serta memberikan keterampilan praktis sebagai bekal mereka ketika melakukan suatu kegiatan yang mengharuskan mereka membuat Content Creator," ujarnya.

Tim Dosen FISH Univet Bantara Sukoharjo saat foto bersama guru dan siswa SMAN 1 Gondangrejo usai pelatihan content creator.


Lebih lanjut dikatakan, Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 bulan. Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari kelas sebelas dan sepuluh yang menjadi Pengurus OSIS. Dipilih Pengurus OSIS karena mereka adalah perwakilan murid sehingga diharapkan nanti dapat menularkan ilmunya pada siswa yang lain.

"Dalam kegiatan ini juga melibatkan alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara, sekaligus content creator YouTuber Bella Cyntya Maharani dan dua mahasiswa," ungkapnya.

Masih menurut Dr. Yoto Widodo, media sosial sangat besar perannya alam penyebaran informasi bagi masyarakat luas di semuang bidang kehidupan. Beberapa bentuk media sosial yang sangat familier dan digunakan oleh masyarakat, antara lain; Facebook, Twitter, Slideshare, Blogs, dan Content creator. 

"Untuk menjadi content creator yang berhasil beberapa syaratnya adalah, harus memiliki kemampuan baik untuk menghasilkan konten yang unik, menarik, dan tentunya menghibur serta berkualitas. Cara menjadi content creator yang sukses haruslah didukung dengan skill yang mumpuni dan kreatifitas yang tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Gondangrejo Titik Nur Aini, S.Sos., M.Pd menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih kepada Tim Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Univet Bantara Sukoharjo berbagi ilmu, pengetahuan serta ketrampilan kepada siswa khususnya tentang dunia content creator yang saat ini dibutuhkan bagi siswa maupun sekolah.

"Saat ini dunia digital utamanya media sosial tidak terlepas dari seorang content creator yang mampu membuat konten berkualitas dan banyak disukai penonton. Mudah-mudahan ilmu dan ketrampilan yang diberikan oleh tim Dosen ini bisa memberikan manfaat bagi siswa kami dalam pengelolaan media sosial," harapnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top