Sosialisasi Bersama Anak-anak Warga Joglo Rw 10 Tentang Mengatur Keuangan Dengan Baik

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat bersama anak-anak warga Joglo Rw 10.


Sosialisasi Bersama Anak-Anak Warga Joglo Rw 10 Tentang Mengatur Keuangan Dengan Baik

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa (KKN-PPM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Kelompok 75 dengan Dosen Pembimbing Dra. Suprihatmi SW, MM telah menggelar program kerja Individu yang dilaksanakan oleh Intan Pratiwi Wijayanyi dan Linda Suryani Mahasiswa Semester 6 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dengan tema “Belajar Mengatur Keuangan Dengan Baik" bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menabung serta untuk membantu membangun kesadaran finansial sejak dini, serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai manfaat menabung. Senin (7/8/2023).

Dalam program ini, para mahasiswa KKN akan bekerja sama dengan warga di sekitar RW 10 Kelurahan Joglo, Banjarsari, Surakarta untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menabung dan edukasi mengenai pentingnya mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan. Mereka akan mengadakan sesi interaktif yang melibatkan cerita-cerita pendek, permainan simulasi, dan diskusi yang bertujuan untuk menjelaskan konsep menabung secara sederhana namun bermakna. 

Mahasiswa KKN Unisri, Intan Pratiwi Wijayanyi dan Linda Suryani bersama anak-anak saat kegiatan simulasi menabung.


"Menabung merupakan suatu kebiasaan yang tidak hanya penting, tetapi juga mendidik. Program ini akan membantu anak-anak untuk memahami bagaimana menabung dapat membantu mereka mencapai tujuan jangka panjang, seperti pendidikan yang lebih baik, rencana masa depan, dan keamanan finansial," terang Intan Pratiwi Wijayanyi kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan Intan Pratiwi Wijayanyi, program ini tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan konsep finansial kepada anak-anak, tetapi juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana menabung bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui interaksi dengan para mahasiswa KKN, anak-anak akan diajak untuk merencanakan tujuan-tujuan kecil yang bisa dicapai dengan menabung.

Mahasiswa KKN Unisri saat foto bersama anak-anak warga Joglo.


Dengan memulai menabung sejak usia dini, mereka akan memiliki kesempatan untuk membangun pondasi yang kuat dalam pengelolaan keuangan. Melalui kerjasama antara mahasiswa KKN dan sekolah-sekolah, program ini diharapkan akan menciptakan dampak positif dalam masyarakat. Para anak-anak akan terinspirasi dan dilengkapi dengan pengetahuan yang berguna dalam mengelola uang mereka di masa mendatang. Anak-anak juga akan teredukasi lebih selektif dalam memilah mana yang yang harus didahulukan apakah kebutuhan atau keinginan. 

"Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi berharap bahwa upaya ini akan membantu menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan keuangan dan membangun masa depan yang lebih cerah," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top