Pawai Budaya dan Antusiasme Masyarakat Giritontro dalam Memeriahkan HUT RI yang ke-78

Print Friendly and PDF



Pawai Budaya dan Antusiasme Masyarakat Giritontro dalam Memeriahkan HUT RI yang ke-78

Wonogiri- majalahlarise.com -Selalu ada yang unik dan menarik setiap kali memeriahkan HUT RI. Seperti pawai budaya kali ini dalam memeriahkan HUT RI yang ke-78, digelar di Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Minggu (20/8/2023), yang diikuti oleh seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Giritontro. 

Ada banyak sekali keunikan yang ditampilkan mulai dari busana yang beragam bentuk dan rupa, replika peralatan rumah tangga, keberagaman budaya, tradisi, beragam hasil bumi, dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang ditampilkan oleh masyarakat. Pesertanya pun juga beragam tidak hanya masyarakat desa namun juga peserta pawai dari SMP, SMK, dan komunitas lainnya.

Rute pawai budaya kali ini dimulai dari JLS dan finish di Kecamatan. Meskipun cuaca panas masyarakat tetap bersemangat dalam mengikuti kegiatan pawai, dengan beragam yel-yel, tarian, nyanyian membuat kegiatan tersebut semakin menyenangkan. 

"Sangat menyenangkan dapat mengikuti karnaval kali ini, terlebih saya menjadi anggota inti paskibraka Kecamatan Giritontro, banyak hal menarik yang saya lihat hari ini,"ujar salah satu peserta pawai budaya Adila dari SMKN 1 Giritontro.

Seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri ini mengusung tema pawai budaya. Desa Ngargoharjo, desa di Kecamatan Giritontro yang sudah 5 kali berturut-turut mendapatkan predikat juara 1 karnaval tahunan, kali ini mengusung 9 tema pawai budaya mulai dari pawai bendera, barisan PKK dan perangkat desa, seni kenthongan dan lansung, kebhinekaan, serba serbi, jaranan, pembuatan replika garuda dari rotan, hadroh, dan juga toleransi beragama.

"Karena di Ngargoharjo itu sudah turun temurun berbudaya, jiwa patriotisme tinggi, jiwa nasionalisme tinggi, dan perangkat desa yang memahami mengenai makna kemerdekaan RI,"ucap Marsudhi Wibowo, S.H selaku ketua 2 pawai budaya Ngargoharjo, yang menyebutkan kiat-kiat kekompakan dari desa Ngargoharjo. (Syarif)

Baca juga: Sosialisasi Bersama Anak-Anak Warga Joglo Rw 10 Tentang Mengatur Keuangan Dengan Baik


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top