Mahasiswa KKN Unisri Adakan Pelatihan Membuat Celengan Kreatif Dari Botol Bekas dan Cara Mengelola Keuangan Secara Bijak

Print Friendly and PDF

Fatma Nitasari mahasiswa KKN-PPM Unisri saat melatih membuat celengan kreatif dari botol bekas.


Mahasiswa KKN Unisri Adakan Pelatihan Membuat Celengan Kreatif Dari Botol Bekas dan Cara Mengelola Keuangan Secara Bijak

Boyolali- majalahlarise.com -Fatma Nitasari mahasiswa KKN-PPM Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) 2023 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dengan Dewan Pembimbing Lapangan Drs. Sumaryanto, MM., mengadakan pelatihan membuat celengan kreatif dari botol bekas dan cara mengelola keuangan dengan bijak pada anak-anak Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 di Dukuh Canden, Kelurahan Sambi, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.  Sabtu (29/7/2023).

Mahasiswa KKN Unisri, Fatma Nitasari menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan program kerja tersebut untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak Sekolah Dasar dengan memanfaatkan botol bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengelola keuangan secara bijak termasuk mendorong anak – anak untuk mengenal konsep perencanaan keuangan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu. 

Fatma Nitasari mahasiswa KKN-PPM saat foto bersama anak-anak membawa hasil karya celengan kreatif dari botol bekas.


"Pelatihan ini mengajarkan anak-anak membuat celengan melalui langkah-langkah yang kreatif dan sederhana dalam pengelolaan keuangan secara bijak anak-anak diajarkan prinsip-prinsip dasar tentang uang dan cara mengelola keuangan mereka diberikan pemahaman tentang perbedaan antara uang yang bisa dihabiskan dan uang yang sebaiknya disisihkan untuk masa depan sehingga anak-anak akan memahami konsep mengatur uang saku mereka," terang Fatma Nitasari kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan, dengan celengan yang dibuat sendiri menambah daya tarik bagi anak-anak untuk mengontrol keuangan  dibandingkan dengan  celengan yang harus dibeli di toko. Selain barang pembuatannya mudah didapat dan tidak menghabiskan banyak biaya dibandingkan dengan celengan yang dibeli di toko. Maka dari itu dengan membuat celengan unik dari bahan bekas anak-anak dapat belajar untuk mengurangi jumlah sampah dan menambah kreativitas.

Adapun alat dan bahan untuk membuat celengan kreatif dari botol bekas yaitu: (1)  botol bekas air mineral; (2) kertas kado motif bebas; (3) kardus bekas; (4) alat tembak; (5) gunting; (6) cutter; (7) lem tembak; (8) lem kertas; (9) kertas origami.

Cara pembuatan celengan kreatif dari botol bekas pertama memotong botol bekas menggunakan cutter. Kemudian dirapikan memakai gunting hingga membentuk seperti tabung. Kedua membuat penutup celengan memakai kardus bekas membentuk lingkaran seluas botolnya.Ketiga membuat lubang untuk memasukkan uang.Keempat menutup botol menggunakan kertas kado dengan rapi.Kelima membuat hiasan dengan menggunakan kertas origami dan anak anak dapat menuliskan nama atau tujuan menabung.

Setelah anak- anak selesai membuat celengan kreatif dari botol bekas dilanjutkan dengan memberikan pemahaman tentang cara mengelola keuangan dengan bijak dengan adanya pemberian pemahaman dapat membangun karakter, menambah pengetahuan seta membentuk kebiasaan mengelola keuangan dengan bijak yang dapat diterapkan hingga masa yang akan datang. 

"Program kerja ini mendapat respon positif dari anak-anak. Harapan dari pelatihan ini anak-anak akan mampu memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan mereka juga dapat mengembangkan kebiasaan mengelola keuangan untuk mencapai tujuan jangka panjang, sehingga mereka dapat  membeli barang yang mereka inginkan," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top