Mahasiswa KKN UNISRI Gelar Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Word Berbasis Online dan Simulasi ANBK di SD Negeri Banyurip

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat melatih siswa menggunakan aplikasi Microsoft Office Word Berbasis Online.


Mahasiswa KKN UNISRI Gelar Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Word Berbasis Online dan Simulasi ANBK di SD Negeri Banyurip

Boyolali- majalahlarise.com -Mahasiswa Kelompok 06 Kuliah Kerja Nyata - Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) 2023 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melalui program kerja (proker) individu dari Nashir Mahasiswa UNISRI dari program studi PTI melaksanakan Pelatihan Microsoft Word secara online dan simulasi ANBK bagi siswa kelas V di SD Negeri Banyurip, Desa Kedungdowo, Kecamatan Andong, Kabupaten Kabupaten Boyolali. Kegiatan tersebut dilaksanakan 2 hari yaitu pelatihan Microsoft Wordsecara Online dilaksanakan Sabtu (5/8/2023) dan untuk simulasi ANBK dilaksanakan Senin (7/8/2023).

Salah satu mahasiswa KKN, Nashir menyampaikan kegiatan pelatihan micrososft word secara online bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang pengolahan dokumen dan tata cara pengetikan yang efisien menggunakan perangkat lunak populer tersebut dan kegiatan simulasi ANBK bertujuan untuk melatih para siswa dalam mengerjakan soal-soal ANBK.

Mahasiswa KKN Unisri saat foto bersama siswa.

"Saat pelatihan, siswa-siswa diajarkan tentang berbagai fitur penting dalam Microsoft Office Word, termasuk pembuatan dan pengeditan dokumen, pengaturan format teks, penggunaan gambar, serta tata letak halaman. Para peserta juga diberikan panduan tentang pengelolaan file dan penyimpanan yang aman, sehingga mereka dapat mengoptimalkan pemanfaatan perangkat lunak ini dalam tugas-tugas sekolah dan proyek-proyek lainnya," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada saat simulasi ANBK, siswa diajarkan bagaimana cara login kedalam exambrowclient yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan ANBK, dilanjutkan dengan cara-cara pengerjaan soal-soal yang meliputi 3 tahap yaitu latihan, soal literasi numerasi dan soal wawasan kebangsaan.

"Dengan Pelatihan ini diharapkan Siswa kelas V SDN Banyurip dapat terlatih dalam mendalami berbagai macam media pembelajaran sehingga proses pembelajaran akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang hebat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Banyurip, Ibu Fajar, mengaku sangat bersemangat melihat antusiasme siswa-siswa kami dalam mengikuti pelatihan ini.

"Kemampuan menggunakan perangkat lunak produktivitas seperti Microsoft Office Word akan memberi mereka keunggulan di berbagai bidang dalam kehidupan, baik dalam dunia pendidikan maupun profesional dan juga agar siswa-siswi sudah siap dan matang dalam mengikuti ANBK nantinya," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Adakan Pelatihan Membuat Celengan Kreatif Dari Botol Bekas dan Cara Mengelola Keuangan Secara Bijak


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top