PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KETRAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL DAN PENDEKATAN GBA PADA SISWA SMP KELAS IX SEMESTER GASAL

Print Friendly and PDF

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KETRAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL DAN PENDEKATAN GBA PADA SISWA SMP KELAS IX SEMESTER GASAL

 Oleh : Dwi Harumsari, S.Pd.

Guru SMP Negeri 1 Demak Jawa Tengah

Dwi Harumsari, S.Pd.


       Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa penulis mengambil judul tersebut di atas, karena berdasarkan pengamatan penulis kegiatan belajar mengajar (KBM) yang masih menggunakan model konvensional dan berpusat pada guru, membuat pembelajaran menjadi kurang aktif, efektif, dan menarik bagi siswa. Hal ini menimbulkan dampak yang kurang baik untuk siswa, yang berujung pada penurunan minat dan hasil belajar.

       Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya persiapan guru dalam pembelajaran mulai dari penyusunan RPP,  media ajar, bahan ajar, sumber belajar, serta pengimplementasian model pembelajaran yang kurang sesuai di kelas.

       Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara teman sejawat, kepala sekolah, dan orang tua siswa, beberapa  tantangan yang terjadi yaitu: Kesibukan orang tua bekerja, membuat kurangnya perhatian kepada anak. Kurangnya percaya diri siswa dalam berbicara/mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran. Siswa merasa terbebani dengan sekolah, mereka maunya bebas, jamkos, dan segera pulang untuk bisa bermain. Tantangan dari sisi siswa sangat berdampak pada proses pembelajaran di kelas. 

       Adapun tantangan yang berasal dari guru seperti: Faktor guru yang kurang persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Guru masih mendominasi pembelajaran di kelas. Pemilihan media ajar, yang belum dikolaborasikan dengan pemanfaatan TPACK. Model pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Penilaian yang tidak mempertimbangkan kisi-kisi, indikator, dan rubrik penilaian.

       Tantangan tersebut yang menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti; menyusun RPP dengan baik, sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Guru harus berusaha untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang baik di kelas. Menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa, serta menggunakan model pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Penilaian sesuai dengan kaedah penilaian yang benar. 

       Tantangan yang ada di atas harus dapat diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional, diantaranya yaitu:

1. Berkaitan dengan persiapan pembelajaran. Sebelum melaksanakan pembelajaran seorang guru harus membuat RPP dengan lengkap dan benar.

2. Berkaitan dengan dominasi guru dalam pembelajaran. Seorang guru yang baik harus bisa menempatkan diri sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran dikelas sehingga pembelajaran berpusat pada siswa.          

3. Berkaitan dengan media ajar. Dalam pembelajaran seorang guru harus berusaha untuk menggunakan media ajar, supaya pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Di sini penulis menggunakan media Wordwall untuk membangun pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, yaitu dengan menyiapkan  potongan-potongan kata, kelompok kata, atau kalimat sederhana yang berhubungan dengan materi mengidentifikasi fungsi sosial dan generic structure teks prosedur, yang dikolaborasikan dengan berbasis TPACK (google spin, video, dan PPT), sehingga siswa lebih senang dan tertarik dalam pembelajaran, sehingga diharapkan akan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. 

4. Berkaitan dengan model pembelajaran. Seorang guru harus dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan    kebutuhan siswa di kelas. Yakinkan diri kita sudah memahami sintaksnya, mulai dari  tahap awal hingga akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Dengan menggunakan model pembelajaran GBA, di mana untuk sintaksnya di mulai dari: BKoF, MoT, JCoT, ICoT.

5. Berkaitan dengan penilaian. Seorang guru juga dituntut untuk menilai secara keseluruhan yaitu dari penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan bisa menggunakan teknik penilaian tes tertulis. Tentunya di dalam instrumen penilaian harus dilengkapi kisi-kisi, indikator, dan rubrik penilaian untuk melakukan penilaian di akhir pembelajaran. Dengan menggunakan media wordwall dan pendekataan GBA terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top