PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

Oleh: Nurul Rahmawati, S.Pd.SD

SDN 2 Bago, Kecamatan Kradenan, Grobogan Jawa Tengah


Nurul Rahmawati, S.Pd.SD


       Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Perkembangan zaman selalu memunculkan tantangan-tantangan baru, yang sering kali tidak dapat diramalkan sebelumnya. Sehingga pendidikan selalu dihadapkan pada masalah-masalah baru. Masalah yang dihadapi dunia pendidikan demikian luas, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, karena sifat sasarannya yaitu manusia yang pemikirannya terus berkembang dan yang kedua, karena usaha pendidikan harus berorientasi ke masa depan yang seringkali tidak dapat diramalkan oleh manusia (Tirtahardja, 2005: 255-289).

       Permasalahan yang terjadi dalam sistem pendidikan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang membentuk sistem pendidikan itu sendiri. Faktor-faktor tersebut adalah guru, siswa, kurikulum, metode, sarana dan prasarana, dan materi. 

       Pembaharuan pendidikan adalah suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya) serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Dari uraian di atas dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan pembaharuan di bidang pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik. Secara luas tujuan pembaharuan pendidikan di Indonesia adalah sebagai berikut: Lebih meratanya pelayanan pendidikan; Lebih serasinya kegiatan belajar dengan tujuan; Lebih efisiensi dan ekonomisnya pendidikan; Lebih efektif dan efisiennya system penyajian; Lebih lancar dan sempurnanya sistem informasi kebijakan; Lebih dihargainya unsur kebudayaan nasional; Lebih kokohnya kesadaran, identitas, dan kesadaran nasional; Tumbuhnya masyarakat gemar belajar; Tersebarnya paket pendidikan yang memikat, mudah dicerna, dan mudah diperoleh; dan meluasnya kesempatan kerja.

       Pendidikan merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam kehidupan. Dengan adanya pendidikan, kehidupan seseorang akan lebih terarah. Pendidikan tidak hanya memiliki pengaruh pada diri individu, akan tetapi berpengaruh juga terhadap negara. Masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, pastinya memiliki kualitas SDM yang bagus dan berkualitas. Hal ini, akan membantu negara dalam memajukan segala sektor, salah satunya adalah sektor perekonomian. Masyarakat yang memiliki kualitas SDM yang bagus akan menuruni angka pengangguran di dalam suatu negara.

       Seiring berkembangnya zaman, permasalahan dalam pendidikan selalu berdatangan. Masalah-masalah ini, memiliki jangka waktu yang berkepanjangan sehingga sulit untuk dituntaskan. Permasalahan ini perlu dijadikan sebagai bahan kajian bersama, sehingga ditemukan solusi dari permasalahan. Ada beberapa permasalahan mendasar dalam pendidikan di Indonesia diantaranya, pertama, kualitas pendidikan misalnya, proses pembelajaran yang masih konvensional. Kedua, pemerataan pendidikan misalnya fasilitas di sekolah banyak yang rusak dan keterbatasan daya tampung bagi peserta didik dan pendidik. Ketiga, efisiensi pendidikan misalnya keterbatasan anggaran dalam pendidikan (kemampuan pemerintah yang terbatas dan rendahnya partisipasi masyarakat). Keempat, relevansi pendidikan misalnya kurikulum yang diterapkan belum optimal karena belum diterapkannya kurikulum berbasis dengan masyarakat sekitar atau potensi daerah sekitar. Selain itu, permasalahan dalam pendidikan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, perkembangan IPTEK dan seni, laju pertumbuhan penduduk, aspirasi masyarakat, keterbelakangan budaya dan sarana, geografis di Indonesia, dan lainnya. 

       Untuk itu, butuhnya pembaharuan dalam pendidikan. Pembaharuan pendidikan yang bisa diterapkan seperti pembaharuan kurikulum, penyelenggaraan pendidikan inovatif, Pengembangan pendidikan di luar sekolah dan Homeschooling.

       Permasalahan dalam pendidikan tidak dapat selesai begitu saja. Butuh waktu yang cukup lama, agar permasalahan ini dapat mengecil. Terlebih lagi di Indonesia, wilayah yang memiliki cakupan luas sulit untuk memantau satu persatu di setiap daerah. Dalam hal ini, tidak hanya dijadikan sebagai tugas pemerintah saja, ini merupakan tugas kita bersama dalam pembangunan pendidikan. Perlu adanya pembaharuan dalam pendidikan di Indonesia sehingga terlaksananya pembangunan dalam pendidikan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top