PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI KEHIDUPAN

Print Friendly and PDF

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI KEHIDUPAN

Oleh : Linda Safitri

SDN 1 Ngraji, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Linda Safitri


       Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang di dalamnya, Pendidikan tidak akan ada habisnya, Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Kita didik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara, Nusa dan Bangsa. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah (Pendidikan Formal), dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Non Formal). Pendidikan Informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar, sejak seseorang lahir sampai mati. Proses pendidikan ini berlangsung seumur hidup. Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua. Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang. Kasih sayang yang diberikan orang tua tidak ada habisnya dan terhitung nilainya. Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana kita bersikap sopan-santun terhadap orang lain, menghormati sesama,dan berbagi dengan mereka yang kekurangan.

       Mungkin masih banyak yang bertanya mengapa pendidikan di sekolah itu penting, selain itu masih ada beberapa orang tua di kota besar yang enggan untuk menyekolahkan anaknya dikarenakan mereka beranggapan lebih baik anaknya bekerja dibandingkan sekolah yang hanya menghambur-hamburkan uang. Dengan fakta di lapangan tersebut sudah sepatutnya orang tua dibekali pedoman yang kuat tentang pentingnya pendidikan di sekolah. Begitu pula ketika menjelaskan kepada sang anak yang tidak mau sekolah, orang tua harus memiliki alasan yang kuat untuk membuat anak mau pergi bersekolah.  Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pendidikan sekolah itu penting:

Memberikan Pendidikan Dasar Kepada Anak

       Salah satu alasan pentingnya pendidikan untuk anak adalah memberikan pendidikan dasar kepada anak.  Anak akan diajarkan tentang dasar dari semua ilmu pengetahuan, oleh sebab itulah disebut dengan sekolah dasar atau SD. Jika tidak mau sekolah di tingkat dasar ini maka anak tidak akan mendapatkan dasar dari ilmu pengetahuan baik Ilmu Geografi, sejarah, membaca, menulis, Ilmu Pengetahuan Sosial, pengetahuan alam, dan masih banyak lagi lainnya.

Menciptakan Jiwa Nasionalisme

       Semakin sedikit generasi yang mengenyam pendidikan di sekolah maka semakin sedikit generasi yang memiliki jiwa nasionalisme. Oleh sebab itu dengan mengenyam pendidikan di sekolah jiwa nasionalisme generasi muda akan terbentuk. Nasionalisme adalah rasa memiliki bangsa dan negara ini. Jika rasa nasionalisme semakin sedikit bisa menyebabkan generasi muda menjadi cuek akan nasib bangsa dan negara ini ke depannya.

Memberantas Kebodohan

       Pentingnya pendidikan sekolah selanjutnya adalah memberantas kebodohan. Kebodohan ini disebabkan oleh ketidaktahuan, sempitnya wawasan, dan open minded. Kebodohan adalah musuh yang nyata sehingga harus diberantas dan diantisipasi. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah wawasan akan menjadi luas, pikiran menjadi terbuka, dan ilmu yang didapatkan semakin bertambah.

Membangun Karakter

       Pendidikan sekolah bisa membangun karakter bagi generasi muda. Pendidikan karakter ini sangat penting karena mengajarkan norma kesopanan, norma keagamaan, dan norma yang lainnya. Dengan mengikuti semua norma tersebut generasi muda akan memiliki karakter yang kuat dimana diperlukan untuk membangun dan memajukan bangsa.

       Sudah sepatutnya orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya dikarenakan pendidikan berguna untuk masa depannya kelak. Semakin banyak generasi muda yang sadar akan pentingnya pendidikan sekolah diharapkan nantinya nasib bangsa indonesia ini semakin maju dan lebih baik lagi.

       Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi peserta didik. Ini juga disebut Pendidikan Non Formal. Pendidikan Non Formal adalah pendidikan di luar sekolah, yaitu pendidikan yang diperoleh seseorang secara teratur,terarah. Berhubung karena Pendidikan Non Formal lebih mudah disesuaikan dengan keadaan seseorang dan lingkungan maka pendidikan Non Formal lebih terhadap kehidupan masyarakat. Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat. Dengan demikian apabila kita berinteraksi dengan mereka di lingkungan masyarakat maka mereka akan menilai kita, bahwa mereka akan tahu mana orang yang terdidik, mana orang yang tidak Terdidik berarti kita didik untuk bisa memahami, mengerti, serta menjadi orang yang peduli terhadap orang lain. Di zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat Sehingga tidak terombang-ambing dalam kancah perkembangan zaman. Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top