BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN APLIKASI TEPYTHA

Print Friendly and PDF

BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN APLIKASI TEPYTHA

Oleh : Tri Septi Fajarwati

Guru SMP Negeri 5 Randudongkal, Pemalang Jawa Tengah

Tri Septi Fajarwati


       Kebutuhan akan pendidikan sangat diperlukan dalam setiap tahapan perkembangan peradaban manusia. Sebagai alat untuk mengembangkan peradaban dan membangun generasi yang madani, pendidikan penting bagi kehidupan manusia untuk menjadi dasar harapan bagi perkembangan individu dan masyarakat (Herlambang, 2021). Pendidikan harus terus dilakukan secara inovatif guna mencapai kesesuaian dengan keterampilan abad 21 sehingga dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman (Ahmad I & Ibda, 2021). Tuntutan pendidikan pada abad 21 mengharuskan pendidikan mudah diakses oleh semua kalangan melalui pemanfaatan teknologi informasi (Aspi & Syahrani, 2022).

       Penggunaan teknologi dalam pendidikan harus dilihat sebagai cara untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan saat ini, begitu pula dalam pembelajaran matematika (Fredlina et al., 2021). Menurut Rahmah (2013) bahwa matematika merupakan ratunya ilmu yang membantu ilmu lain, matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan bilangan dan ruang, matematika adalah bahasa simbol dan bahasa numerik, dan juga matematika merupakan ilmu yang abstrak, ilmu yang mempelajari hubungan suatu pola, struktur, serta bentuk. Selain itu, matematika dapat membantu siswa untuk memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama sebagai bekal dalam memecahkan masalah dalam hidupnya dan sebagai bekal untuk hidup di masa depan (Nuryadi et al., 2022). Namun matematika selalu dianggap sulit karena dalam pengerjaannya dibutuhkan konsistensi. Untuk mengatasi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami peserta didik, upaya yang dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Dalam hal teknologi, media pembelajaran adalah proses yang kompleks dan terintegrasi yang berkaitan dengan orang, alat, ide, prosedur, serta organisasi untuk menganalisis masalah, menemukan solusi, mengimplementasikan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah dalam situasi dimana kegiatan belajar itu terkontrol dan memiliki tujuan. Namun banyaknya pengguna smartphone di kalangan pelajar tidak diikuti dengan kemampuan pendidik dalam memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran (Ismanto et al., 2017). 

       Hal ini sejalan dengan masalah guru belum dapat melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi smartphone karena kurangnya pengetahuan terhadap teknologi. Sehingga pembelajaran selama ini belum menggunakan media pembelajaran berbasis android. Padahal, aplikasi berbasis android terbukti efektif digunakan sebagai media penunjang belajar siswa.  Pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis android juga telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Suparyati, 2018; Haryadi & Andriati, 2020; Negara et al., 2021). Bahkan, penggunaan media pembelajaran berbasis android juga efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Ferdiansyah et al., 2020; Windawati & Koeswanti, 2021; Fatmawati et al., 2021). Prestasi belajar matematika diartikan sebagai penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Untuk itu, keberhasilan pembelajaran matematika dapat dilihat dari prestasi belajar matematika siswa. Materi Pythagoras merupakan materi matematika yang diberikan di kelas VIII semester II. Materi Pythagoras sangat penting diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa. Sehingga, pada penelitian ini diterapkan aplikasi TePytha yang dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Aplikasi TePytha yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika (Artanti et al., 2021). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada materi teorema Pythagoras menggunakan aplikasi TePytha.

       Aplikasi TePytha dibuat menggunakan Microsoft Power Point dan iSpring Suite, kemudian diconvert ke android menggunakan bantuan software web 2 apk. Menurut Jannah et al (2020) bahwa iSpring Suite merupakan suatu aplikasi yang dapat mengubah file presentasi menjadi flash. Aplikasi tersebut juga dapat menggabungkan teks, gambar, video, animasi, simulasi, suara dan kuis dalam satu media pembelajaran.

       Aplikasi TePytha terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini karena aplikasi tersebut memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada siswa. Dengan aplikasi TePytha proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna. Selain itu, aplikasi TePytha juga mendorong siswa untuk belajar mandiri dirumah. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android terbukti efektif dapat menunjang belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Hendriawan & Muhammad, 2018), meningkatkan minat belajar siswa (Suparyati, 2018; Haryadi & Andriati, 2020; Negara et al., 2021), serta efektif meningkatkan prestasi belajar siswa (Ferdiansyah et al., 2020; Windawati & Koeswanti, 2021; Fatmawati et al., 2021). Aplikasi TePytha dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena memuat soal-soal materi Pythagoras yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, soal-soal yang diberikan beraneka ragam, dan siswa dapat langsung melihat hasil belajar yang diperoleh setelah mengerjakan soal pada aplikasi tersebut. Aplikasi TePytha dibuat dengan iSpring suite sehingga dapat dilengkapi dengan pembahasan soal, video pembelajaran, dan materi-materi yang lengkap. Kelebihan tersebut menjadikan aplikasi TePytha berpengaruh meningkatkan prestasi belajar siswa. 

       Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi yang dipadukan dengan iSpring suite membuat tampilan dan animasinya menjadi menarik, menyenangkan dan tidak membosankan karena siswa merasa dapat belajar melalui bermain (Sulistyorini & Listiadi, 2022). Aplikasi TePytha juga dapat memotivasi guru untuk mengembangkan media secara kreatif, mengikuti perkembangan zaman yang serba teknologi agar dapat membuat suasana pembelajaran tetap menyenangkan. Pemanfaatan teknologi dengan pembuatan media pembelajaran menjadikan guru dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien (Khuzaini et al., 2022).


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top