MENJADI GURU INSPIRATIF

Print Friendly and PDF

MENJADI GURU INSPIRATIF

Oleh: Tety Prilida Kurnianingtyas

SDN 3 Kismantoro, Wonogiri Jawa Tengah


Tety Prilida Kurnianingtyas


       Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Tak heran banyak yang ingin menjadi guru, agar bisa memberikan ilmu kepada siswanya. Seorang guru sejatinya tidak hanya sekedar mentransfer ilmu tetapi bagaimana dapat merubah perilaku atau karakternya menjadi lebih baik lagi, sehingga keduanya dapat berjalan beriringan. Seorang guru tidak boleh hanya sekedar mentransfer ilmu atau sekedar memberikan kemapuan emosi dan spiritualnya saja.

       Di abad 21 seperti sekarang, guru harus bisa menjadi role model bagi siswanya dengan membawa energi perubahan kearah yang positif, Karena guru adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan, jadi bukan sekedar menggugurkan kewajiban sebagai guru, mengajar setelah itu selesai. Itu adalah kesalahan terbesar.

       Seorang guru harus mampu merubah pola mengajarnya sesuai dengan perkembangan zaman. Mengajar masih dengan pola lama, akan terjadi kemunduran, akhirnya cara berpikir siswa pun akan tetap  berjalan di tempat. Ini yang harus dihindari. 

       Guru sekarang harus bisa kreatif dan inovatif yang pada akhirnya  bisa menjadi seorang guru inspiratif dan akhirnya membawa dirinya menjadi guru yang berprestasi. Guru inspiratif adalah guru yang dapat membawa agen perubahan di lingkungan belajarnya terutama di dalam kelasnya.

       Guru inspiratif adalah guru yang mampu membaca situasi dan karakter siswanya, dia tidak membeda-bedakan atau mengelompokkan siswanya berdasarkan ras, agama, tingkat kepintaran, fisik dan kaya atau miskinnya siswa tersebut. Tapi guru inspiratif adalah guru yang dapat merangkul siswa dan membawa kenyaman di dalam kelas.

       Dia selalu dapat memberikan semangat kepada siswanya saat mengajar, dapat mencarikan solusi jika siswanya tidak dapat memahami materi ajar yang diberikannya, atau dia dapat mencari jalan keluar atau dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami siswanya. Bahkan seorang guru inspiratif  dapat membawa suasana pembelajaran menjadi menyenangkan  siswa pun akan menjadi dekat dengan guru tersebut. Mereka akan merasa kehilangan jika satu hari saja guru tersebut tidak datang mengajar, bahkan seorang guru inspiratif namanya akan selalu diingat sampai kapanpun dan siswanya akan selalu memberikan hadiah kepada gurunya di hari spesial.

       Bagaimana cara yang harus dilakukan seorang guru agar menjadi guru yang inspiratif di sekolah atau tempatnya mengajar. Menurut National Board For Professional Teaching Standard Guru Inspiratif dan Profesional bahwa seorang guru harus menguasai materi pelajaran dengan baik, mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar, dapat mencari jalan keluar dari masalah yang berhubungan pembelajaran, dapat menuangkan ide-ide terbaru dalam mengajar, mampu menjadi manajerial dengan baik di dalam kelas, sangat peka dalam melihat kondisi atau situasi selama pembelajaran yang sedang berlangsung, cepat paham terhadap konteks yang terjadi selama pembelajaran, mampu memonitor pembelajaran, selalu bertindak berdasarkan data, respek terhadap orang lain, mempunyai jiwa yang mendidik, mampu menyediakan kebutuhan murid agar tercapailah sebuah prestasi tertinggi.

       Dalam dunia pendidikan ada beberapa tipe guru yang tanpa disadari tipe tersebut sudah terbentuk dalam dirinya dan juga berdasarkan dari beberapa penilaian oleh siswa, seperti :

      Ada guru yang dibenci, maksud dari guru yang dibenci adalah saat guru tersebut sedang mengajar di kelas cara mengajarnya sangat tegas, tegang, keras dan suka marah-marah, kalau sudah seperti ini siswa akan membenci guru tersebut tidak ada kenyamanan siswa belajar, karena dalam pikiran siswa kapan guru tersebut cepat selesai mengajar.

       Guru yang biasa saja, adalah guru yang saat mengajar hanya sekedar mengajar tidak mau repot, yang penting dirinya sudah mengajar, menerangkan, kasih tugas selesai, guru tipe ini adalah guru yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban mengajarnya sebagai guru. Siswa paham atau tidak materi yang disajikan yang penting dirinya sudah mengajar.

       Guru yang disenangi, maksudnya adalah saat mengajar guru tersebut selalu membuat situasi kelas tidak tegang tetapi menjadi ramai, selalu ada humor, berbaur dengan siswa saat mengajar, tidak ada batasan antara guru dan siswa, guru seperti ini tanpa disadari malah membawa dirinya menjadi guru yang tidak memiliki wibawa sama sekali di hadapan siswa dan akan disepelekan siswa, siswa akan santai dan malas bahkan tidak mengerjakan tugas .

      Kesimpulannya guru inspiratif adalah guru yang mampu menjalankan perannya sebagai guru yang tegas tapi berwibawa, bisa humor dan berbaur kepada siswanya tapi memiliki batasan sehingga siswa pun tidak berbuat kurang ajar kepada guru, guru inspiratif adalah guru yang dapat membawa keberuntungan bagi dirinya, siswa dan sekolah. Mereka ikhlas dalam bekerja karena mereka bekerja dengan hati dan bertanggung jawab. Guru yang seperti ini adalah guru yang mampu membawa peserta didik menjadi generasi yang berkarakter.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top