OUTDOOR MATHEMATICS ALTERNATIF PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN MENYENANGKAN

Print Friendly and PDF

OUTDOOR MATHEMATICS ALTERNATIF PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN MENYENANGKAN

Oleh : Jannatu Rahmawan, S.Pd

Guru SMA Negeri 3 Demak Jawa Tengah

Jannatu Rahmawan, S.Pd


       Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya, mengembangkan kurikulum nasional dan lokal, meningkatkan kopetensi guru melalui pelatihan, mengadakan buku dan alat pelajaran, mengadakan dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, dan meningkatkan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan merupakan masalah yang selalu menuntut perhatian. Tingkat serap antar siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda, ada yang kemampuannya rendah namun ada yang tinggi. Ini merupakan tantangan bagi guru agar dapat memaksimalkan daya serap masing-masing siswa. Untuk keperluan itu perlu adanya terobosan-terobosan dalam pembelajaran matematika sehingga tidak sekedar menyajikan angka-angka tetapi harus menggunakan metode yang sesuai, disukai dan mempermudah pemahaman siswa, yang akhirnya sedikit demi sedikit akan mengubah anggapan siswa dari yang sulit menjadi mudah, dari yang dianggap kurang penting menjadi penting untuk dipelajari.

       Hasil wawancara terhadap guru dan siswa yang bersangkutan, hal tersebut dipengaruhi oleh guru yang masih cenderung menggunakan model konvensional tanpa inovasi penerapan model pembelajaran yang tepat dan variatif serta belum mengoptimalkan penggunaan media. Hal ini menyebabkan pengetahuan yang dimiliki siswa hanya bersifat hafalan dan rutinitas sehingga kurang mendorong siswa menjadi aktif di dalam proses pembelajaran, akibatnya siswa menjadi jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran yang dapat ditawarkan adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran outdoor mathematics. 

       Menurut Paul Barron (2009:96), pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) merupakan kegiatan pembelajaran matematika yang bersifat praktis dan kreatif yang akan dinikmati oleh anak-anak, dimana mereka harus menemukan, mengidentifikasi serta merekam pola yang ditemui. Model pembelajaran outdoor mathematics dilaksanakan sesuai dengan materi yang dilakukan di luar kelas sehingga bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media atau sumber belajar. Pada dasarnya pembelajaran di luar kelas ini memperjelas konsep dan memberikan pengalaman secara langsung pada siswa. Menurut Russefendi dalam Dwi (2012 :20) menjelaskan tujuan dari model pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran matematika antara lain: 1) agar siswa mampu menerapkan pelajaran matematika dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari, 2) kegiatan lapangan dapat membuat siswa lebih kreatif dan mempunyai sikap positif terhadap matematika, 3) mengingat konsep cukup lama (retensi cukup kuat), karena dalam mempelajari suatu konsep, siswa terjun langsung dan mendapatkan pengalaman yang bermakna, dan 4) sesuai dengan tahap perkembangan siswa yang masih senang bermain, kegiatan yang mengandung unsur permainan akan menarik minta siswa, karena merupakan hal baru dan tidak membosankan.

       Outdoor mathematics adalah pembelajaran matematika yang dilakukan diluar kelas, dengan memanfaatkan lingkungan luar kelas sebagai sumber belajar. Tahapan pembelajaran outdoor mathematics: 1) membentuk kelompok, 2) merancang aktivitas kelompok, 3) merancang kegiatan pendahuluan yang terdiri dari menyebutkan tujuan pembelajaran, menyebutkan manfaat apa yang dipelajari dan menentukan tugas masing-masing kelompok, dan 4) merancang kegiatan pengembangan meliputi siswa secara berkelompok melaksanakan tugas yang diberikan, guru membimbing dan memotivasi siswa dalam setiap kelompok, siswa bersama guru membahas hasil kerja kelompok dan diakhir pembelajaran guru memberikan penguatan secara klasikal, 5) merancang kegiatan penerapan yang merupakan tahap evaluasi bagi siswa, karena siswa mengerjakan soal secara individu.

       Pembelajaran outdoor mathematisc mempunyai keunggulan dalam upaya merangsang para siswa untuk menggunakan kemampuan pemecahan masalah. Siswa tidak hanya menggunakan rumus matematika di dalam kelas, mereka juga bisa menggunakan rumus matematika di luar kelas dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika dengan menerapkan model outdoor mathematics sangat efektif dan menyenangkan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, karena pemberian kesempatan yang lebih luas pada siswa untuk berdiskusi dan mencari solusi sendiri dalam memecahkan masalah. Siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, selain itu juga terdapat pengaruh positif antara keterampilan kooperatif dan sikap siswa, sehingga rasa ketakutan terhadap matematika yang melekat erat dalam masyarakat bisa kita rubah dengan belajar yang asik dan menyenangkan.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top