PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI

Print Friendly and PDF

PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI

Oleh : Anggraini Condrowati, S.Pd

Guru SD Negeri Kwarasan 03, Grogol, Sukoharjo Jawa Tengah

Anggraini Condrowati, S.Pd


       Dunia pendidikan semakin dituntut untuk lebih efektif dan menyenangkan. Meningkatnya kemajuan suatu bangsa, dapat dilakukan dengan upaya meningkatkan mutu pendidik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan setiap orang. Sehingga dalam pendidikan memerlukan nilai-nilai ideal yang dapat menjadi sumber kebenaran dan kekuatan yang dapat mengantarkan pada apa yang dicita-citakan. Dasar tersebut juga harus menjadi standar nilai dalam mengevaluasi aktivitas pendidikan yang diselenggarakan.

       Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan mendasar bagi manusia, dengan mengetahui bagaimana manusia menghadapi alam semesta ini melalui pendidikan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

        Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

       Masa pandemi COVID-19 ini merupakan tantangan berat yang sama-sama kita hadapi sebagai masyarakat Indonesia. Dan banyak kebijakan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan diterapkan seperti ini mulai dari diterapkannya Sosial Distancing, Work From Home, Lock Down sampai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Beberapa kebijakan ini sudah diterapkan di beberapa daerah yang diduga terinfeksi COVID-19 yang dianggap dapat memutuskan rantai penyebaran Pandemi COVID-19 yang semakin hari semakin meningkat di Indonesia.

       Salah satu sektor yang terdampak pandemi COVID-19 adalah sektor pendidikan yang menyebabkan begitu banyak aktivitas fisik bersifat rutin, seperti pertemuan tatap muka di kelas, proses bimbingan akademik, pertemuan formal dalam forum seminar dan lain sebagainya menjadi terganggu. Namun demikian, berbagai aktivitas rutin ini terhambat karena untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, pemerintah telah menerapkan kebijakan physical distancing. Melihat berbagai fakta tersebut, maka penerapan metode online learning (e-learning) menjadi suatu pilihan terbaik bagi dunia pendidikan. Berbagai institusi pendidikan saat ini mulai memanfaatkan teknologi dan menerapkan sistem pembelajaran online untuk menunjang aktivitas pembelajaran.

       Saat ini pandemi COVID-19 sudah mulai menghilang dari dunia pendidikan. Sekolah-sekolah sudah aktif kembali melaksanakan proses pembelajaran tatap muka. Pembelajaran matematika sudah dilaksanakan secara langsung tatap muka pasca pandemi COVID-19. Penerapan pembelajaran membuat pendidik harus berpikir dengan inovasi baru untuk dapat menciptakan media yang menarik dan cocok, model pembelajaran dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Efektivitas pembelajaran adalah terciptanya keberhasilan dari proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik maupun antar peserta didik dalam situasi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dikatakan memiliki keberhasilan dengan dilihatnya dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, bagaimana aktivitas peserta didik yang dilakukan saat proses pembelajaran, dilihat juga bagaimana respon peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar yang dilakukan kembali proses pembelajaran tatap muka dengan mempertimbangkan dari hasil belajar peserta didik yang telah dilaksanakan.

       Perkembangan belajar anak akan bergantung pada baik tidaknya proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Perkembangan anak yang belajar di rumah selama masa pandemi COVID-19 sangat berbeda dengan perkembangan anak yang belajar di sekolah sehingga guru harus memberikan inovasi dan motivasi bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, guru harus merancang pembelajaran yang efektif agar proses pembelajaran setelah pandemi tidak monoton dan tidak membosankan bagi siswa. Maka dengan terlaksananya pembelajaran tatap muka kembali diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif setelah masa pandemi COVID-19.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top