MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MENJADIKAN BELAJAR AKUNTANSI LEBIH EFEKTIF

Print Friendly and PDF

MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MENJADIKAN BELAJAR AKUNTANSI LEBIH EFEKTIF

Oleh : Siti Maknawati 

Guru SMK Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Siti Maknawati 


       Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa melalui proses belajar. Dalam kegiatan pembelajaran terkadang dijumpai adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan. Secara umum kesulitan belajar yang dihadapi siswa bukan hanya  pada mata pelajaran eksakta saja. Mata pelajaran kejuruan pun terkadang mengalami kesulitan bagi siswa. Proses belajar mengajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam dan faktor dari luar siswa. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa salah satunya adalah teknik pembelajaran. Penggunaan teknik yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Permasalahan yang timbul adalah pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Termasuk mata pelajaran akuntansi. Hal itu terjadi karena kegiatan tersebut tidak didasarkan pada model pembelajaran tertentu sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Permasalahan yang timbul ketika pembelajaran berlangsung dapat dipaparkan sebagai berikut: bahwa minat dan motivasi siswa untuk belajar akuntansi masih rendah, baik motivasi internal maupun motivasi eksternal. Hal tersebut tampak ketika pelajaran akuntansi berlangsung, diadakan latihan soal maupun ulangan harian peserta didik mendapatkan nilai yang rendah. Beberapa diantaranya juga mengemukakan bahwa akuntansi adalah pelajaran yang sulit, bikin pusing dan membingungkan sehingga partisipasi dari merekapun juga kurang. 

       Pemilihan teknik pembelajaran yang tepat merupakan bukti nyata dari kreativitas seorang guru agar siswa tidak jenuh atau bosan dalam menerima pelajaran. Menerapkan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu upaya yang dilakukan guru untuk membuat peserta didik tertarik dan mempunyai motivasi belajar sehingga ketrampilan dan hasil belajarnya meningkat. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap relevan dengan kondisi saat ini. Pemilihan teknik pembelajaran haruslah sesuai dengan tujuan yang dirumuskan. Salah satunya adalah teknik pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan harapan teknik Problem Based Lerning (PBL) lebih efektif bila dibandingkan dengan metode konvensional. Keefektifan teknik ini adalah siswa lebih aktif dalam berfikir dan memahami materi secara berkelompok dengan melakukan investigasi dan inkuiri terhadap permasalahan yang real di sekitarnya sehingga mereka mendapatkan kesan yang mendalam dan lebih bermakna tentang apa yang mereka pelajari. Teknik Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu tehnik pembelajaran dimana authentic assesment (penalaran yang nyata atau konkret) dapat diterapkan secara komprehensif. Sebab di dalamnya terdapat unsur menemukan masalah dan sekaligus memecahkannya (unsur terdapat di dalamnya yaitu problem possing atau menemukan permasalahan dan problem solving atau memecahkan masalah).

       Tujuan dari PBL untuk menantang siswa mengajukan permasalahan dan juga menyelesaikan masalah yang lebih rumit dari sebelumnya. Dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapatnya. Menggalang kerja sama dan kekompakan siswa dalam kelompok. Mengembangkan kepemimpinan siswa serta mengembangkan kemampuan pola analisis dan dapat membantu siswa mengembangkan proses nalarnya. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui belajar akuntansi. Anggapan bahwa akuntansi adalah pelajaran yang sulit dan membosankan karena berkutat dengan angka-angka saja, menyebabkan rendahnya keterampilan dalam penguasaan materi akuntansi.Dengan pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah. Dengan menggunakan metode Problem Based Learning pembelajaran akuntansi ternyata cukup efektif meningkatkan hasil belajar akuntansi kelas XII AKL di SMK Negeri 1 Pracimantoro. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top