INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Print Friendly and PDF

INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Oleh : Anisa Mutiara Dani Iswari, S.Pd

Guru Seni Budaya SMA Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Anisa Mutiara Dani Iswari, S.Pd


       Munculnya wabah penyakit bernama Virus Corona atau familiar dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Desease-19) yang berasal dari Wuhan, China (Shi et al., 2020) dan dikabarkan pada akhir tahun 2019 berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya dalam dunia pendidikan. Penyebaran Virus Covid-19 ini sangat cepat yang pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk mengambil kebijakan bahwa kegiatan belajar mengajar, bekerja dan beribadah dilaksanakan di rumah

       Pada jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi seakan-akan “dipaksa” untuk beradaptasi dengan lingkungan, semua guru diharuskan melaksanakan kegiatan belajar jarak jauh/ daring yang semula kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara luring/ tatap muka. Dalam kondisi seperti saat ini, hanya teknologi yang bisa menjembatani agar proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan tetap berlangsung. Oleh karena itu, Semua pihak harus mampu beradaptasi dengan pembelajaran daring ini.

       Melihat keadaan seperti ini sebagai guru harus bisa mengambil langkah dengan menciptakan inovasi pembelajaran dengan berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring agar materi tetap dapat tersampaikan dengan baik.

       Inovasi adalah sebuah pembaharuan yang bisa berupa ide, objek, produk, karya, dan lainlain. Dengan mengembangkan atau menggabungkan hal yang sudah ada hingga terlihat baru. Sedangkan proses pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik atau individu maupun kelompok dalam belajar. Jadi, inovasi pembelajaran adalah sebuah kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik atau individu dan kelompok dengan cara baru atau inovatif dalam proses belajar (Aditia, 2020).

       Melalui inovasi media pembelajaran, guru dapat memanfaatkan media online yg akan digunakan peserta didik. Guru dapat memakai whatsapp, telegram, google meet, zoom, google classroom, youtube, blog, quizizz, kahoot atau media online lainnya dalam proses belajar secara daring pada masa Pandemi Covid-19. Selanjutnya guru dapat memberikan pekerjaan rumah pada siswa sesuai materi yang tersaji melalui media pembelajaran. 

       Sebagai guru seni budaya dalam menghadapi pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19, dalam penyampaian materi khususnya materi praktik kita dapat memanfaatkan media online youtube, bisa dengan mencari referensi video video milik orang lain atau mungkin kita bisa lebih berinovasi dengan membuat video pembelajaran sendiri yang nantinya bisa diupload ke youtube dengan tujuan materi dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik.

       Sebagai contoh media online yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya yaitu youtube dan Google Classroom. Youtube aplikasi milik Google ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk berbagi video pembelajaran kepada peserta didiknya. Yang paling efektif adalah videonya dilengkapi gambar atau animasi dengan materi pembelajaran yang sesuai dan soal-soal tentang materi tersebut. Sedangkan Google Classroom aplikasi ini memungkinkan peserta didik berinteraksi dengan gurunya, membaca materi pembelajaran, dan bahkan mengerjakan soal online.

       Penggunaan aplikasi Google classroom dan Youtube pada mata pelajaran seni budaya terbukti efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui perencanaan, proses, hasil dan evaluasi belajar siswa. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top