DENGAN QUIZIZ BELAJAR BAHASA INDONESIA LEBIH MENYENANGKAN

Print Friendly and PDF

DENGAN QUIZIZ BELAJAR BAHASA INDONESIA LEBIH MENYENANGKAN

Oleh : Siti Mutmainah, S.Pd.

Guru SMK Negeri 1 Rembang, Jawa Tengah

Siti Mutmainah, S.Pd.


       Berprofesi sebagai guru tentu tidaklah mudah, perlu banyak bekal dan juga yang terpenting niat ikhlas dalam menghadapi segala situasi dan kondisi di kelas. 

       Mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, hingga SMA semua guru pasti mengalami beragam situasi di kelas terutama dalam proses pembelajaran. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk dapat mengeksplorasi dan menggali kemampuan belajar para siswa dengan cara menerapkan berbagai metode dan teknik mengajar yang juga bersifat adaptif ketika berada di dalam kelas. 

       Ada banyak teknik atau cara yang digunakan agar jalannya proses pembelajaran lebih menarik seperti teknik pembelajaran  berbasis masalah, inkuiri, kinestetik, pembelajaran berbasis projek, variasi metode ceramah dan demonstratif, melibatkan peras media sosial, pembelajaran berbasis blog, penggunaan aplikasi pembelajaran, dan lain sebagainya.

       Problematika pembelajaran bahasa Indonesia selama ini dianggap membosankan dan kurang menarik bagi peserta didik. Kebosanan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia timbul akibat kurang kreatifnya guru dalam mengolah media pembelajaran yang menyenangkan. Untuk mengatasi problematika tersebut dan guru lebih percaya diri dalam mengajar peserta didik secara tatap muka, guru perlu merancang kembali pembelajaran yang lebih menarik, membangkitkan rasa ingin tahu dalam diri peserta didik, mendorong peserta didik lebih aktif, meningkatkan kreativitas peserta didik dan lain-lain dengan media pembelajaran. 

       Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang berupa informasi terkait materi pembelajaran yang mengandung tujuan instruksional guna mempermudah proses penyampaian materi maupun proses belajar mengajar dan merangsang peseta didik dalam belajar. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran yang menarik dan berkesan bagi peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang menarik untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quiziz. Quiziz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi peserta didik maupun bagi guru itu sendiri.

      Quiziz merupakan sebuah web tool yang membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Quiziz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quiziz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja,tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR) sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh peserta didik asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Dengan quiziz ini, peserta didik akan merasa ditantang karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat,kecepatan akan ada skor tersendiri.Selain itu, akan ada persaingan karena quiziz langsung membuat rangking yang bersifat live antar peserta quiziz. Menyenangkan akan ada suasana musik untuk menyemangati dan juga dibuat meme yang lucu serta menarik.

       Kelebihannya dari quiziz adalah peserta didik tidak dapat mencontek sesama temannya karena soal yang diberikan kepada peserta didik satu dengan yang lainnya telah diacak. Keuntungan quiziz bagi guru adalah akan ada grading otomatis, kemudian quiziz membuat analisis butir soal,yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap peserta didik akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta presentase pencapaian quiz untuk seluruh peserta didik.

       Pemanfaatan teknologi pendidikan dengan aplikasi quiziz dapat memberikan alternatif untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, meningkatkan motivasi, lebih bermanfaat dan efektif. Guru pun dapat bereksplorasi dan berinovasi sehingga peserta didik nyaman sekaligus cepat paham terhadap materi yang diajarkan.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top