APLIKASI TIK TOK TINGKATKAN MOTIVASI MENYUSUN TEKS PROSEDUR

Print Friendly and PDF

APLIKASI TIK TOK TINGKATKAN MOTIVASI MENYUSUN TEKS PROSEDUR


Oleh: Hanif Rapsodiningsih, S.Pd

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Hanif Rapsodiningsih, S.Pd


     Semenjak pandemi Covid-19, pembelajaran daring di sekolah mengalami berbagai tantangan dengan segala keterbatasannya. Seorang guru haruslah aktif dan kreatif. Berfikir bagaimana menyampaikan materi dan pemberian tugas pada masa pandemi ini bisa secara jelas, singkat, mudah diterimah, menyenangkan bagi peserta didik sehingga dapat mengurangi rasa bosan yang dialami oleh peserta didik selama pembelajaran daring. Hal ini memicu guru untuk  menemukan cara atau pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran Daring.

      Salah satu Kompotensi Dasar (KD) yang ada dalam muatan Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI yaitu KD 4.2. Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan. Di dalam KD tersebut, peserta didik diharapkan dapat menyusun teks prosedur. Namun kenyataannya peserta didik merasa kesulitan dan bosan untuk menyusun teks prosedur tersebut karena media yang digunakan guru kurang tepat. Untuk itu, pemanfaatan media pembelajaran sangat penting dilakukan guru. 

     Guru tentunya harus bisa mengikuti tren zaman sekarang dan tren yang sedang diikuti oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran agar peserta didik merasa tidak kesulitan dalam pembelajaran. Berangkat dari permasalaha ini, Penulis mencoba menghadirkan media pembelajaran yang tepat untuk menyusun teks prosedur. Media tersebut adalah aplikasi media sosial Tik Tok.

     Menurut Ida Nuraida (2008) Teks prosedur adalah urutan langkah-langkah dimana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya. Di dalam teks prosedur diuraikan bagaimana sesuatu dapat dikerjakan melalui serangkaian langkah-langkah atau tindakan. Pada teks prosedur langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat dirubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya. 

     Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur. Terkait aplikasi Tik Tok dalam pembelajaran teks prosedur, guru dapat menggunakan aplikasi Tik Tok ini sebagai media pembelajaran. Karena melalui Aplikasi Tik Tok ini peserta didik dapat mengeksplore vidio prosedur yang telah dibuatnya.

     Jadi peserta didik yang selama ini merasa kesulitan dan bosan  dalam menyusun teks prosedur melalui Aplikasi sosial media Tik Tok, diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menyusun teks prosedur, dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Peserta didik menentukan tema teks prosedur yang akan disusunnya. 2. Peserta didik merancang langkah-langkah teks prosedur dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. 3. Peserta didik mencoba menyusun teks prosedur secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. 4. Peserta didik merekam dalam bentuk vidio demontrasi (memperagakan) teks prosedur yang telah disusunnya. Vidio tersebut diedit, bisa menambahkan kreasi pilihan lagu/musik, filter, efek dan stiker 5. Peserta didik mengunggah vidio tersebut ke dalam aplikasi Tik Tok.

      Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Tik Tok ini merupakan salah satu alternatif untuk pembelajaran menyusun teks prosedur. Media sosial Tik Tok ini bisa menghibur peserta didik dikala bosan mengerjakan tugas menyusun teks prosedur di masa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), karena media sosial Tik Tok adalah media yang berupa audio visual yang dapat dilihat dan didengar. Sehingga peserta didik begitu senang menggunakannya, karena selain  bisa menghibur juga dapat sebagai alat ekspresi diri dan melihat  berbagai vidio dengan ekspresi musik yang berbeda-beda. Hal ini tentunya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top