MODEL TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI Ksp

Print Friendly and PDF

MODEL TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI Ksp 


Oleh: Sukatni, S.Pd., M.Pd.

Guru Kimia SMA Negeri 1 Pracimantoro Wonogiri

Sukatni, S.Pd., M.Pd.


       Pada kondisi antara harapan dan tantangan seperti ini, eksistensi dan peran guru kimia dalam meningkatkan mutu pendidikan semakin ditingkatkan. Sejauh mana peran guru kimia dalam memberikan konstribusinya sebagai guru kimia dalam membelajarkan peserta didik secara aktif, inovatif, kreatif efektif dan menyenangkan. Dalam pelajaran kimia banyak materi perhitungan yang dapat membosankan peserta didik dan tentunya membutuhkan aktivitas dan kreatifitas peserta didik. Oleh karena itu, hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi bahwa pemilihan metode, strategi maupun media pembelajaran yang tepat mutlak dilakukan oleh guru kimia.
       Berdasarkan hasil observasi pada saat proses pembelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Pracimantoro ditemukan masalah yang muncul akibat rendahnya aktivitas peserta didik dalam memecahkan permasalahan pada materi perhitungan kimia. Para peserta didik sulit untuk diajak berhitung menyelesaikan soal-soal dan  tidak aktif dalam  memecahkan masalah, membahas atau mengerjakan soal.  Kondisi peserta didik yang demikian sangat  berpengaruh pada pencapaian kompetensi belajar peserta didik. Selain itu, berpijak pada setiap pembelajaran yang dilakukan pada saat meteri Ksp, peserta didik merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal untuk latihan. Hal ini dijumpai setiap tahun masalah materi Ksp ini menjadi momok bagi guru sendiri. 
       Guru mengadakan wawancara dengan peserta didik, kenapa materi Ksp merupakan materi yang sulit. Setelah mengetahui jawaban dari wawancara mengenai permasalahan tersebut ada salah satu solusi pembelajaran yang dapat digunakan adalah adalah menggunakan model Take and Give. Menurut Ngalimun (2014:8) menjelaskan bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial untuk menentukan perangkat-perangkat dalam pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurilum dan lain-lain. Adapun langkah-langkah  model pembelajaran Take and Give sebagai berikut. 1) Siapkan kelas sebagaimana mestinya, 2) Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai, 3) Untuk memantapkan penguasaan materi, peserta didik diberi masing-masing satu kartu yang telah disiapkan sebelumnya yang berisi materi yang berbeda-beda dan identitas peserta didik, untuk dipelajari kurang lebih 5 menit, 4) Semua peserta didik diminta untuk berdiri, 5) Dengan menggunakan kartu tersebut semua peserta didik mencari pasangan untuk saling memberi dan menerima materi, 6) Tiap peserta didik harus mencatat nama peserta didik yang diberi materi tadi pada kartu, 7) Setelah selesai memberi materi kepada satu peserta didik kemudian berganti mencari peserta didik yang lain, 8) Demikian seterusnya sampai tiap peserta didik dapat saling memberi dan menerima materi masing masing (Take and Give), 9) Untuk mengevaluasi keberhasilan, peserta didik diberi pertanyaan dengan soal yang berbeda, 10) Kesimpulan.
       Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan beberapa peserta didik berpendapat bahwa pembelajaran dengan dengan menerapkan model Take and Give pada kompetensi Ksp  dapat meningkatkan pencapaian kompetensi Ksp. Peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran kimia. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top