Mahasiswa Fakultas Pertanian Univet Ikuti Kuliah Pakar Academic Writing Journal Article For Agriculture

Print Friendly and PDF

Pembicara Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P saat menyampaikan cara menulis artikel ilmiah.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Univet Ikuti Kuliah Pakar Academic Writing Journal Article For Agriculture 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar Kuliah Pakar mata kuliah Academic Writing bertajuk Journal Article For Agriculture menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P (Guru Besar Univet Bantara) diikuti mahasiswa semester 2 Prodi Agribisnis, Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Prodi Peternakan dengan dosen pengampu Dr. Nunun TW dan Arin Arianti, S.Pd, M.Pd. Bertempat di Gedung H Lantai 3. Kamis (22/6/2023).

Dosen pengampu mata kuliah Academic Writing, Dr. Nunun TW mengatakan setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan pakar ini, mahasiswa lebih mahir dalam menulis artikel yang akan di publish di jurnal ilmiah, baik jurnal Nasional maupun Internasional.  

"Selain itu, melalui kuliah pakar harapannya untuk menumbuhkan budaya banyak membaca berbagai jurnal ilmiah baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Asing," ungkapnya.

Pembicara Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P, dosen pengampu Dr. Nunun TW dan Arin Arianti, S.Pd, M.Pd. dan mahasiswa saat foto bersama. 


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Super Camp 2023, Sarana Lejitkan Potensi dan Bakat Siswa

Sementara itu, pembicara Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P menyampaikan materi kepada mahasiswa tentang mengenal tipikal jurnal ilmiah, struktur jurnal ilmiah, teknik membuat artikel.

"Bisa tidaknya mahasiswa menulis artikel jurnal tergantung level semester. Kalau level mahasiswa semester 6 dan 7 sudah pernah melihat jurnal. Kalau level mahasiswa rendah berarti harus mengenal dulu," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan pada level mahasiswa tinggi pada tataran cara menulis artikel ilmiah. Ada dua hal yang dihadapi mahasiswa yaitu punya bahan ingin dituliskan atau belum punya bahan dan punya bahan kesulitan menulisnya.

"Kalau kesulitan menulis berarti harus mengenal apa saja yang harus ditulis pada setiap bagian. Kalau sudah mengenal lalu berlatih menulis artikelnya," ungkapnya.

Disampaikan pula, untuk mendukung mahasiswa menulis artikel ilmiah di Fakultas Pertanian Univet memiliki majalah jurnal ilmiah. Lebih dari 50 persen mahasiswa yang menulis di majalah ilmiah tersebut.



"Mahasiswa sudah bisa menyusun skripsi diarahkan untuk ditulis ke artikel ilmiah. Artikel itu nanti dosen yang melihat. Kalau bagus diterbitkan di majalah jurnal di level tinggi terakreditasi 1, 2. Di Fakultas Pertanian ada yang terakreditasi Sinta 4, Sinta 5. Ada dua belum terakreditasi karena jurnal baru," jelasnya.

Ditambahkan, kunci keberhasilan mahasiswa menulis artikel ilmiah hingga diterbitkan di majalah jurnal ilmiah yaitu terus berlatih dan mengikuti arahan dari dosen pembimbing. Sudah ada mahasiswa yang berhasil diterbitkan artikel ke jurnal Sinta 1, Sinta 2. 

"Kegiatan hari ini lebih banyak bagaimana menyamakan persepsi mahasiswa yaitu hal apa saja yang ditemui ketika menulis artikel ilmiah. Dari awal mahasiswa sudah bisa menulis artikel nantinya lancar menyelesaikan tugas akhir," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Sinergikan Talkshow dan Expo Englishpreneur


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top