PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN MATERI MELALUI PEMBUATAN KLIPING DENGAN TEMA PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA PADA KELAS X SMAN 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP  PERUBAHAN MATERI MELALUI  PEMBUATAN KLIPING DENGAN TEMA  PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA PADA  KELAS X SMAN 1 PRACIMANTORO

Oleh : Eni Wahyuningsih, S.Pd

Guru Mata Pelajaran Kimia SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Eni Wahyuningsih, S.Pd


       Lingkup Ilmu Pengetahuan khususnya ilmu kimia mencakup materi yang sangat luas meliputi fakta, konsep, aturan, hukum, prinsip, teori dan soal-soal. Dari cakupan materi kimia tersebut sebagian besar terdiri dari konsep- konsep yang bersifat abstrak dan sangat kompleks. 

       Karakteristik dari ilmu kimia salah satunya bersifat abstrak, konsep – konsepnya saling berkaitan dan berurutan.  Akibat karakteristik dari ilmu kimia tersebut maka diperlukan waktu yang lama untuk memahaminya dengan benar. Disamping  itu dalam mempelajari konsep kimia yang kompleks atau lebih rumit diperlukan penguasaan terhadap konsep yang mendasarinya. Pemahaman konsep  terhadap ilmu kimia pada materi dan perubahannya dipengaruhi oleh pemahaman konsep pada materi sebelumnya yaitu tentang macam – macam zat dan sifatnya. 

       Pemahaman merupakan salah satu faktor penting dalam belajar, kesulitan-kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar dengan tepat akan menghambat peserta didik dalam mengkaitkan konsep-konsep dasar tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan. Kondisi ini memungkinkan timbulnya pemahaman yang salah terhadap suatu konsep. Hal ini menyebabkan peserta didik malas tidak bersemangat dan akhirnya nilainya tidak sesuai yang diharapkan.

       Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mencoba pembelajaran yang menyenangkan peserta didik yaitu dengan pembuatan kliping dengan tema perubahan kimia dan fisika. Kliping adalah suatu kegiatan menggunting  atau memotong bagian-bagian tertentu dari media cetak seperti majalah, koran, tabloid, atau sumber lain. Setelah itu potongan tersebut disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang seperti kertas, kartu, karton dan lain-lain.

       Adapun cara pembuatan kliping yang dilakukan peserta didik kelas X SMAN 1 Pracimantoro adalah dengan cara : Mencari gambar sesuai tema (Perubahan Kimia dan Fisika), menyiapkan bahan dan peralatan kliping, memotong dan menempelkan materi (gambar contoh perubahan kimia dan fisika), memberikan keterangan di bawah gambar, kemudian menjilid kliping. 

       Setelah kliping siap, peserta didik mempresentasikan di depan kelas. Sehingga diharapkan melalui gambar pada kliping peserta didik bisa mengamati maupun menyampaikan kepada teman- temannya. Dengan seperti itu konsep yang disampaikan akan lebih mengesan dan pemahaman pada konsep perubahan materi lebih meningkat.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top