PERUBAHAN SOSIAL DI DALAM PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

PERUBAHAN SOSIAL DI DALAM PENDIDIKAN

Oleh: Jutriyanto, S.Pd.SD

SD Negeri 1 Pucung, Kismantoro, Wonogiri Jawa Tengah


Jutriyanto, S.Pd.SD


       Perubahan sosial budaya merupakan sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam kehidupan tatanan masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan ini terjadi pula sesuai dengan kehendak, hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu menginginkan perubahan.

       Sedangkan pendidikan adalah usaha sadar dan suatu bentuk dari seni dan budaya manusia yang terus berubah, berkembang dan sebagai alternatif yang paling rasional dan memungkinkan untuk melakukan suatu perubahan maupun perkembangan. Hubungan antara perubahan sosial dengan pendidikan adalah terjadinya perubahan pada struktur dan fungsi dalam sistem sosial dan termasuk di dalamnya adalah pendidikan, sebab pendidikan ada dalam masyarakat, baik itu pendidikan formal, informal maupun non formal.

       Pendidikan ada karena adanya suatu sistem masyarakat yang berperan didalamnya, maka pendidikan dan masyarakat itu memiliki hubungan yang sangat erat dan saling ketergantungan. Oleh sebab itu pendidikan merupakan suatu bantuan yang didalamnya terdapat pengabdian masyarakat sehingga masyarakat itu semakin berkembang dan maju dengan adanya pendidikan, sebab pendidikan adalah sebuah proses pematangan dan pendewasaan masyarakat.

       Pada zaman sekarang ini ada perubahan sosial yang berjalan dengan lamban, juga akan berdampak pada pendidikan, misalnya dengan bertambahnya jumlah penduduk yang cepat maka perlu disediakan sekolah untuk menampung siswa tersebut, sehingga sarana pendidikan pun sosial itu pula kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan guna menghadapi kehidupan yang semakin kompleks sangat memerlukan pendidikan guna mempersiapkan masyarakat itu sendiri dalam menghadapi perkembangan zaman ini.

       Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh terhadap bidang pendidikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Adanya internet memungkinkan kita untuk belajar kapan dan di mana saja dengan lingkup yang sangat luas misalnya, dengan fasilitas email, chatting, e-book, e-library dan dan sebagainya, kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus bertatap muka langsung dengan sumber informasi tersebut (Kristiawan, 2014).

       Dalam video youtube yang berjudul "Perubahan Sosial dalam Pendidikan || Education" dari Channel "Tabula Sastra" dijelaskan bahwasanya :

1. Perubahan Sosial Menurut Max Weber merupakan perubahan situasi dalam masyarakat karena tidak ada kesesuaian unsur-unsur.

2. Perubahan Sosial Secara Umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya tatanan dan struktur di dalam masyarakat yang meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta penghidupan sosial.

3. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman mengenai objek tertentu dan spesifik

       Dulu sebelum adanya gadget, jika ada tugas yang sulit, mereka sangat kebingungan dan harus saling berdiskusi untuk mencari referensi dari buku cetak. Mereka harus benar-benar membaca dan memahami buku tersebut agar menemukan referensi di dalam bukunya. Jika tidak memiliki buku cetak tersebut maka mereka harus meminjam ke perpustakaan atau membelinya di toko buku.

      Namun sekarang, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, mereka sudah bisa memanfaatkan media internet melalui gadget untuk mencari referensi secara mudah dan cepat. Kini, mencari referensi tidak harus memiliki buku cetak, di gadget kita bisa mengakses buku elektronik (e-book) melalui aplikasi IPUSNAS (sebuah aplikasi perpustakaan online milik Pemerintah). Berdasarkan video tersebut dipaparkan bahwa adanya kemajuan teknologi dengan adanya e-book mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan banyak informasi buku dan referensi tugas dengan menghemat waktu, tempat, dan biaya. Informasi di dalam e-book juga sangat lengkap dan memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugas. Jika mereka ada tugas, tinggal mencari di dalam e-book itu saja tanpa harus kebingungan mencari referensi sana-sini lagi.

       Media pembelajaran saat ini tidak hanya terpaku pada penjelasan dosen saja, namun sekarang pembelajaran juga dapat diiringi dengan metode berbasis video penjelasan materi yang lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Dosen bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga mahasiswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang disampaikan oleh dosen, tetapi juga bisa mengakses materi pembelajaran langsung dari internet melalui gadget. Di masa pandemi saat ini, pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi.

       Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya perubahan sosial dalam bidang pendidikan dapat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu dan teknologi. Teknologi dapat mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan referensi dan sumber bacaan secara gratis sehingga menghemat waktu dan juga tempat yang lebih baik. Adanya perkembangan teknologi ini juga salah satunya dengan belajar di kelas online pun menjadi salah satu hal yang efisien serta hemat.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top