QUIZIZZ TINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KEGIATAN ANBK SD

Print Friendly and PDF

QUIZIZZ TINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KEGIATAN ANBK SD

Oleh: Heri Leksono, S.Pd.SD

Guru SD Negeri Sigedong, Tretep, Temanggung, Jawa Tengah 

Heri Leksono, S.Pd.SD


       Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah melalui Kemendikbudristek melakukan  inovasi diberbagai bidang. Salah satunya adalah pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk jenjang SD sederajat pada tingkat 5, SMP sederajat pada tingkat 8, dan SMA sederajat pada tingkat 11. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional.

       Melansir dari situs Kemdikbud ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

       ANBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah memiliki berbagai tujuan kegiatan. Selain untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, berikut tujuan lain kegiatan ANBK :

1. Memantau perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu,

2. Memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu),

3. Memantau pengembangan kompetensi dan karakter murid,

4. Memberi gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif.

       Sebagai seorang guru kita dituntut untuk kreatif sekaligus melek terhadap teknologi terutama menyongsong era digital 4.0 yang beragam dan kompleks. Sebagai salah satu syarat guru profesional di era digital, adalah seorang guru yang selain memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, juga harus memiliki wawasan, ketertarikan, kepedulian, kepekaan, kesukaan, serta kemampuan dan keterampilan dalam menggunakannya.

       Berbagai macam media platform yang dapat digunakan untuk meningkatkan dalam hasil belajar peserta didik, terutama hasil belajar pelaksanaan ANBK diantaranya adalah melalui Quizizz. Platform ini banyak menyediakan berbagai macam fitur untuk membuat soal, kuis atau survei dalam pembelajaran bagi siswa. Dengan soal interaktif yang dibuat dengan Quizizz dapat menambah daya tarik dan semangat bagi peserta didik untuk menjawab soal-soal yang diberikan oleh gurunya.

       Dalam pengerjaan kuis menggunakan Quizizz disediakan dengan 2 cara pengerjaan, ada dengan cara live  (langsung) dan  offline (tidak langsung) yang dapat digunakan sebagai pekerjaan rumah dan dapat dikerjakan kapan saja dalam waktu yang telah ditentukan.

       Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan  tentang pengertian quizizz, fitur-fitur yang ada dalam quizizz dan dashboard halaman platform quizizz. Quizizz mungkin memiliki nama yang unik, tetapi konsep di baliknya  membuat pendidikan berbasis kuis sangat menyenangkan. Bukanlah hal baru (Quizlet dan Kahoot! adalah dua contohnya). Kedua platform tersebut membuat pembelajaran berbasis kuis sangat mudah digunakan, baik untuk guru dan siswa, dengan cara yang menarik. Semua ini berkontribusi pada kekuatan platform sebagai platform pembelajaran, baik untuk pendidikan jarak jauh maupun di dalam kelas. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa Quizizz digunakan secara luas, di lebih dari separuh sekolah di Amerika Serikat dan di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

       Quizizz pada dasarnya adalah alat kuis online yang fungsinya mirip dengan pertunjukan game. Ini diterjemahkan ke dalam platform tanya jawab, yang bekerja dengan semua browser web yang kompatibel, serta smartphone, iPhone dan Android, dengan aplikasi khusus untuk masing-masing. Dari sudut pandang siswa, ini membuat belajar lebih menyenangkan dengan memasukkan interaksi berbasis game dan kesempatan untuk menyelesaikan ujian menggunakan perangkat mereka sendiri. Guru dapat memilih dari berbagai kuis yang telah dibuat sebelumnya atau mengubah dan membuat sendiri dari awal. Karena siswa hanya memerlukan kode akses, mereka tidak diharuskan untuk membuat akun, membuat akses menjadi sangat mudah untuk semua orang. Selain itu, privasi dan informasi pribadi mereka dilindungi.

       Untuk mulai menggunakan Quizizz sebagai pengajar, guru harus mendaftar terlebih dahulu. Informasi dasar diperlukan dan dapat dikirimkan menggunakan alamat email yang dikeluarkan sekolah atau akun Google. Aspek yang sangat berguna dari produk ini adalah, bahwa produk ini terintegrasi  dengan Google Classroom , Edmodo, dan Remind. Setelah akun dibuat, guru dapat mengakses database pilihan kuis, yang dapat dicari dan disusun untuk memudahkan proses pemilihan kuis yang tepat. Guru bisa melihat bahwa kuis yang ada sudah cukup atau mengubah dan men-tweak versi final. Selain itu, guru dapat membuat kuis baru dengan alternatif jawaban pilihan tunggal dan pilihan ganda. Guru dapat memasukkan pertanyaan dan jawaban secara manual jika itu adalah metode paling sederhana bagi mereka. Sertakan grafik dalam pertanyaan atau sebagai pilihan respons, dan juga sesuaikan umpan balik siswa. Misalnya, guru dapat mengintegrasikan meme terkenal yang dilihat siswa sebagai tanggapan atas jawaban mereka. Meskipun ada beberapa pilihan yang tersedia, mereka juga dapat dibuat oleh guru jika diinginkan. Secara ringkas untuk membuat Quizizz dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Buka alamat https://quizizz.com pada Web Browser

2. Klik icon Sign Up yang berada di kanan atas, atau langsung klik pada tombol Get Started

3. Pada tampilan berikutnya, pilih mode registrasinya. Bisa menggunaan akun Google, atau Nomor Ponsel

4. Klik pada tombol Sign Up, apabila menggunakan akun Google

5. Selanjutnya pilih tampilan At a School

6. Pilih tampilan I am a Teacher

7. Proses pembuatan akun pada Quizizz telah selesai

        Kesempatan untuk mengikuti kuis secara pribadi atau dalam pengaturan kelas adalah fitur yang nyaman. Hal ini memungkinkan guru untuk mengelola tes yang disesuaikan untuk masing-masing siswa untuk bekerja bersama sebagai kelas, menerima umpan balik tentang bagaimana kelas mengatasi topik tertentu. Manfaat bekerja di ruang kelas adalah bahwa setiap siswa dapat mengamati bagaimana teman sekelas mereka lakukan. Sama halnya, bekerja sendiri mungkin menguntungkan bagi siswa yang lebih suka menyendiri atau untuk mengatur tugas pekerjaan rumah.

       Quizizz memiliki papan peringkat, namun guru dapat menonaktifkannya jika unsur kompetitif papan merugikan siswa. Hal yang sama dapat dikatakan tentang pengatur waktu pertanyaan, yang dapat membantu memotivasi siswa tertentu tetapi dapat dilihat sebagai tekanan yang berlebihan oleh siswa lain. Oleh karena itu kemampuan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini merupakan tambahan yang baik.

       Selain itu, umpan balik meme dan pilihan soundtrack dapat disesuaikan. Dengan mengaktifkannya, kuis mungkin tampak cukup dinamis dan menyenangkan, atau guru dapat menonaktifkannya untuk pendekatan yang lebih rajin.

Salah satu pilihan memungkinkan siswa untuk melihat skor mereka setelah mereka menyelesaikan kuis, yang merupakan teknik yang bermanfaat untuk memastikan mereka belajar dari kesalahan mereka. Selain itu, siswa dapat mengulang kuis untuk memainkannya dengan melihat berapa banyak yang mereka dapatkan dengan benar untuk kedua kalinya. Guru dapat memberikan orang tua laporan lengkap tentang kinerja siswa melalui aplikasi. Statistik ini juga membantu guru dalam menentukan bagaimana murid goyah dan menentukan apa yang harus difokuskan selanjutnya.

       Quizziz adalah aplikasi penilaian berbasis web yang memungkinkan pendidik dan siswa untuk berkolaborasi dalam kuis. Setelah menetapkan akses akses unik untuk setiap siswa, kuis dapat disampaikan secara langsung sebagai kompetisi berjangka waktu atau digunakan sebagai pekerjaan rumah dengan tenggat waktu yang ditentukan.

       Siswa cukup mencari kuis di Quizizz dan mengklik opsi ‘Tantang Teman’. Mereka bahkan dapat membuat kuis mereka sendiri. Setelah siswa mengirimkan nama mereka, mereka mendapatkan kode permainan untuk dibagikan dengan orang lain untuk mengundang mereka ke permainan.

       Quizizz digunakan oleh guru untuk melengkapi pendidikan, review, dan penilaian untuk siswa di Pra-K sampai Perguruan Tinggi. Ini sangat mudah digunakan dan benar-benar gratis. Setelah memberikan akses akses unik untuk setiap siswa, kuis dapat direkam secara langsung dalam bentuk kompetisi berjangka waktu atau dikirim sebagai pekerjaan rumah dengan tanggal jatuh tempo tertentu. Secara ringkas untuk membuat kuis pada platform Quizizz adalah sebagai berikut :

1. Buka alamat  https://quizizz.com pada Web Browser

2. Masuk dengan akun yang sudah didaftarkan

3. Klik buat kuis baru (Create a Quiz)

4. Berikan nama kuisnya misalnya : Numerasi Kelas 5 SD

5. Klik mata pelajaran misalnya : Matematika, Geografi, dan Komputer  (3 pilihan)

6. Ada beberapa opsi soal yaitu : Multiple Choice Question, Pool Question, Fill in the Blanks Question, Open Ended Question, dan Draw Question

7. Setelah soal selesai, kita bisa membagikan ke siswa dengan motode Start a Live Quiz atau dengan Assign Homework.





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top