Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary Anak Menggunakan Metode TPR dan Media Pembelajaran Lagu Untuk Siswa TK

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri melakukan pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia dini. 


Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary Anak Menggunakan Metode TPR dan Media Pembelajaran Lagu Untuk Siswa TK

Karanganyar- majalahlarise.com -KKN-T Kelompok 31 Unisri diikuti oleh 18 Siswa TK Dharma Wanita Plesungan melakukan pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia dini merupakan tantangan dimana anak belum bisa menerima terlalu banyak kosakata atau vocabulary. Rabu (3/8/2022). 

Dalam mempelajari bahasa Inggris, kosa kata (vocabulary) merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kosa kata bahasa Inggris akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh anak jika guru dapat menyampaikannya dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. 

Masalah pembelajaran secara umum ketika anak memulai pelajaran dan mendengar kosa kata yang tidak dimengerti, maka hal itulah yang membuat anak menjadi malas belajar, apalagi dengan penggunaan teknik yang monoton dan tidak menarik sehingga anak merasa sangat bosan pada saat mempelajari bahasa Inggris

Metode TPR merupakan metode yang dilakukan dengan menggunakan koordinasi ujaran dan tindakan. Dalam metode TPR pengajar memberikan perintah kepada siswa dan kemudian siswa merespon perintah pengajar dengan gerak tubuh. 

Tujuan diadakannya kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa usia dini lebih mudah menghafal suatu kata dengan langsung mempraktekkannya. Dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan secara berulang diharapkan dapat memberikan stimulant kepada anak dalam mengingat kosakata. 

"Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berjalan lancar dan anak-anak mampu mengikuti pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan interaktif," terang mahasiswa KKN, Alin Fir Handayani. (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top