FLOOR NUMBER SEBAGAI SOLUSI MENARIK MINAT BELAJAR SENI TARI PADA ANAK TUNARUNGU

Print Friendly and PDF

FLOOR NUMBER SEBAGAI SOLUSI MENARIK MINAT BELAJAR SENI TARI PADA ANAK TUNARUNGU

Oleh: Ade Ira Nurmalasari, S.Pd

Guru SLB Negeri 6 Jakarta


Ade Ira Nurmalasari, S.Pd


       Minat belajar menjadi faktor instrinsik utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar bagi peserta didik dengan hambatan pendengaran khususnya pelajaran seni tari. Untuk bisa menerima pembelajaran dengan baik, maka minat pada anak untuk mau belajar perlu diperhatikan dahulu. Hal ini bertujuan supaya anak bergerak dengan sendirinya untuk mau belajar sehingga mudah baginya untuk bisa menerima apa yang dipelajari. Tugas guru memegang peranan penting dalam meningkatkan minat belajar peserta didik Tunarungu. Apabila minat belajar peserta didik Tunarungu diabaikan, maka pembelajaran yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Peserta didik akan kurang tertarik dan hal ini bisa berdampak pada hasil belajar yang rendah.

       Salah satu upaya yang penulis lakukan untuk meningkatkan minat belajar seni tari untuk peserta didik Tunarungu di kelas yaitu membuat media sederhana yang menarik. Media sederhana berbentuk floor number bagi peserta didik Tunarungu kelas VII tingkat SMPLB. Media ini dibuat dengan bahan dasar yang sederhana yaitu menggunakan kertas A4 yang Digambar nomor 1 sampai 5 dan diberi sedikit warna yang menarik. Media Floor Number adalah media pembelajaran yang menggunakan modalitas visual. Dengan menggunakan media Floor Number  ini peserta didik bisa memiliki pengalaman dan keterlibatan langsung. Media Floor number ini yang akan membantu peserta didik Tunarungu untuk bergerak dari gerak satu pindah ke gerak selanjutnya. Cara menggunakan media floor number yaitu nomor 1 sampai 5 yang nantinya akan ditaruh dilantai, nanti peserta didik Tunarungu akan bergerak melalui nomor tersebut.

       Ketika mencoba pembelajaran dengan menggunakan media Floor Number, minat belajar peserta didik Tunarungu Nampak ada perubahan. Tadinya saat proses pembelajaran yang belum memakai media floor number, peserta didik terlihat pasif dan kini terlihat mulai aktif dengan menunjukkan adanya beberapa respon positif. Peserta didik menampakkan ekspresi penasaran Ketika media ini saya bawa ke ruang kelas. Mereka mulai bertanya tentang apa yang saya bawa. Kemudian setelah penulis menjelaskan cara menggunakannya untuk mempraktekkan gerak tari kreasi peserta didik tidak sabar ingin mencobanya. Peserta didik menikmatinya sekali belajar seni tari.


Media Floor Number

Peserta didik Tunarungu mencoba mempraktekkan gerak tari kreasi menggunakan media floor number.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top