INOVASI DAN KREATIFITAS GURU

Print Friendly and PDF

INOVASI DAN KREATIFITAS GURU 

Oleh : Mustholih, S.Pd

SDN Totogan, Karangsambung, Kebumen Jawa Tengah

Mustholih, S.Pd


       Guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran selama di kelas harus mampu menyiapkan segala macam administrasi yang berhubungan dengan pembelajaran. Dari mulai menyiapkan silabus, RPP dan administrasi pendukung lainnya. Disamping itu, guru tidak hanya menyiapkan administrasi mengajar saja tapi juga harus pandai menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode, media, teknik yang inovatif yang sesuai dengan keadaan para siswanya. Saefudin seperti yang dikutip oleh Suherli (2010:2): “Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun discovery”. Dengan metode, media atau teknik pembelajaran yang inovatif, para siswa akan lebih tertarik untuk belajar sehingga prestasi belajar mereka pun akan bagus yang tentunya pencapaian Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) akan mudah tercapai. 

       Disamping itu, guru yang profesional adalah guru yang mampu menyiapkan berbagai administrasi mengajar dengan baik. Persiapan administasi seperti menyiapkan silabus, RPP, Program Tahunan, Program Semester dan administrasi lainnya. Guru juga harus mampu berinovasi selama proses belajar mengajar selama dikelas tentunya inovasi pembelajaran yang mendukung terhadap kemajuan anak didiknya. Menurut Udin Saefudin Sa’ud (2009:3): “Inovasi ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri”. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu. 

      Sudah kewajiban seorang guru untuk menyiapkan segala macam administrasi pembelajaran. Dari mulai menyiapkan silabus, RPP dan administrasi pendukung lainnya. Disamping itu, guru tidak hanya menyiapkan administrasi mengajar tapi juga harus pandai berinovasi ketika menyampaikan materi pembelajaran selama proses belajar mengajar berlangsung. Saefudin seperti yang dikutip oleh Suherli (2010:2): “Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun discovery”. Disamping itu, manajemen tahapan persiapan inovasi harus jelas urutannya agar persiapan matang. Seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Elqorni (2009:6), Manajemen inovasi dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap planning (perencanaan), tahap organizing (pengorganisasian), tahap directing (pengarahan). Dengan banyak berinovasi selama proses belajar mengajar maka suasana pembelajaran akan menyenangkan bagi siswa-siswanya.

       Guru sebagai seorang tauladan dalam berbagai hal harus mampu menunjukan berbagai kreatifitas dalam mengajarkan ilmunya kepada para siswanya. Pembelajaran yang kreatif akan membuat siswa lebih tertarik dan mendalami ilmu yang diajarkan gurunya. Hurlock (1978) seperti yang dikutip oleh Basuki (2014) menjelaskan bahwa kreativitas adalah “suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru”. Kreatifitas akan tumbuh apabila guru pandai dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Siswa yang sudah termotivasi, kreatifitasnya akan berkembang selama proses belajar mengajar dikelas. 

       Kreatifitas seorang guru dalam proses pembelajaran dikelas sangat diperlukan guna menunjang pembelajaran yang menarik bagi anak didiknya. Keberhasilan siswa dalam belajar ditentukan oleh seberapa kreatif seorang guru yang mengajarnya. Guru yang kreatif akan senantiasa memberikan pengajaran yang membuat anak didiknya tertarik dan ingin mendalami pada ilmu yang sedang diajarkan kepadanya. Hurlock (1978) seperti yang dikutip oleh Basuki (2014) menjelaskan bahwa kreativitas adalah “suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru”. Kreatifitas anak juga tercipta apabila seorang guru mampu memotivasi anak didiknya dengan baik sehingga akan lahirlah siswa-siswa yang kreatif dalam belajarnya.




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top