IMPLEMENTASI METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Print Friendly and PDF

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Oleh: Rini Kartikawati, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 Mijen Demak Jawa Tengah


Rini Kartikawati, S.Pd


       Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk mengukur kemajuan suatu bangsa. Suatu bangsa dianggap berhasil apabila sistem pendidikan yang dijalankan menghasilkan peserta didik yang berprestasi. Undang – Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan sarana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya atau lingkungan dalam masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan dapat didefinisikan sebagai usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu meningkatkan perkembangan potensi manusia dan berusaha membuat anak didik menemukan jati diri, mengembangkan ketrampilan, kecerdasan dan kepribadiannya untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab, memahami dan melaksanakan norma nilai moral serta memiliki kemampuan untuk mengelola diri dan lingkungan. Di dalam mewujudkan tujuan pendidikan sebagaimana mestinya maka diperlukan suatu langkah yang tepat dalam pelaksanaanya. Pembelajaran yang tepat tentunya akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik.

       Namun, seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil belajar setiap peserta didik selau bervariasi. Hal ini dikarenakan adanya faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal berupa bakat, minat, dan motivasi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Sementara faktor eksternal berupa lingkungan belajar. Guru, sebagai pendidik tentunya harus dapat memilih metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi seluruh faktor internal maupun faktor eksternal penentu keberhasilan belajar. Banyak metode yang dapat diterapkan oleh guru. Salah satunya yaitu metode diskusi.

       Metode diskusi adalah suatu metode yang digunakan dalam pembelajaran dimana guru memberi suatu persoalan atau masalah untuk dipecahkan oleh peserta didik bersama teman-temannya dalam suatu kelompok. Di dalam diskusi peserta didik dapat mengemukakan pendapat, menyangkal pendapat orang lain, dan mengajukan usul-usul serta saran saran-saran dalam pemecahan masalah yang ditinjau dari berbagai segi. Akibatnya, peserta didik yang memiliki kecenderungan enggan berbicara atau terlibat aktif dalam pembelajaran dapat terdorong untuk berpartisipasi. Teman diskusi dalam kelompok dapat memberikan motivasi sekaligus arahan sedangkan guru membimbing jalannya diskusi.

       Di dalam pelaksanaanya, penulis selaku guru geografi menerapkan metode ini untuk pembelajaran yang terkait dengan isu-isu hangat di dalam masyarakat. Peserta didik diajak untuk membicarakan topik yang sedang tren untuk kemudian dicari solusinya secara bersama-sama. Guru memandu dan memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berbicara, baik dalam memberikan pendapat atau sekadar menanggapi. Secara tidak langsung pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peserta didik dapat memahami materi dengan saling bertukar pendapat dan informasi yang kemudian dikonfirmasi langsung oleh guru. Bahkan peserta didik yang biasanya hanya diam dapat mengutarakan isi pikirannya.

       Pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses dalam pembentukan seorang individu. Namun, jika pelaksanaanya tidak tepat maka hanya akan menciptakan ketersia-siaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu kerja sama antara guru dan peserta didik. Keduanya harus bersinergi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Memang, di era yang serba canggih seperti ini pembelajaran yang menarik adalah tantangan tersendiri bagi kaum pendidik. Namun, sebagai pendidik, penulis selalu mencoba untuk menerapkan metode yang sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya. Penentuan metode belajar yang sesuai akan mencetak generasi emas. Oleh karena itu, mari lebih bijak dalam proses pembelajaran demi anak negeri!


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top